Resep Mini Cake Bola-Bola



maaf yg kemarin nggak sempet moto, ini foto mini cake saat pertama kali bikin, masih kebanyakan mentega dan gula.

Akhirnya setelah berkali-kali mencoba membuat mini cake, baru semalem saya merasakan mini cake paling mangstap surantap #versi saya lho ini yaaa. Hehe. Memang sepertinya kitchen scale sangat dibutuhkan untuk menimbang bahan-bahan sesuai dengan takarannya. Soalnya sebelum2nya saya seringnya pake perkiraan bahan dan jadinya kadang bagus, kadang adonannya salah dll. Nih, resep mini cake yang sangat sederhana.

Bahan:
250 gram tepung terigu
125 gram mentega
200 gram gula pasir
2 butir telur

Cara membuat:
1.  Kocok mentega dan gula pasir dengan kecepatan sedang sampai adonan lembut dan berwarna putih kekuningan, kira-kira 20-25 menit.
2. Tambahkan telur satu persatu.  Inget ya, satu persatu supaya dalam pendampurannya lebih bagus. Kocok sampai adonan lebih ringan dari sebelumnya dan sudah tercampur rata.
3. Terakhir campur tepung terigu sedikit demi sedikit, jangan langsung semuanya. Jangan sampai adonan kebanyakan tepung, karena bisa keras waktu setelah matang.
4. Siapkan mini pan/ loyang berbentuk bola-bola, olesi dengan mentega. Jika masak di atas kompor langsung, jangan lupa tambahkan seng dibawah mini pan.
5.Olesi mentega sebelum adonan dituangkan dalam mini pan bola-bola.
6. Masukkan adonan setengah mini pan bola-bola, karena nanti akan mengembang jadi tidak perlu penuh dalam pengisiannya.
7. Tambahkan toping sesuai selera
8. Panggang selama kurang lebih 15-20 menit dengan api kecil sampai keseluruhan sisi matang
9. Selesai, bisa disajikan hangat-hangat.

Comments