Review Nursery Room/ Ruang Ibu dan Anak/ Ruang Menyusui

Begitu punya bayi dan beberapa kali bepergian ke tempat umum, jadilah yang namanya nursery room, baby Care, ruang ibu dan anak, mother's room dll apalah namanya itu yang jadi jujugan. Buat ganti popok, menyusui, ngewaslap, atau sekedar nidurin si bayi. Hehe.
Sebenernya untuk semua aktivitas itu nggak harus di nursery room ya tapi pasti ibu dan anak akan lebih nyaman dan aman di tempat macam nursery room itu untuk menyusui, ganti popok dll. Kalo darurat pun saya sering nidurin anak di meja, kursi karena kalo digendong kelamaan kadang dia butuh selonjoran dan juga ngelurusin punggung. Atau saya juga lumayan sering ganti popok di tempat yang seharusnya memang nggak buat ganti popok hehe, tapi karena harus segera diganti ya kreatif nya kita aja menyiasati, asal perlak nggak boleh ketinggalan. Apalagi menyusui...dimanapun dan kapanpun sebenernya juga bisa. Tapi ya kembali ke kenyamanan dan keamanan tadi ya. Kalo di fasilitas umum dikasih nursery room, ya kita manfaatkan lah..
Jadi panjang lebar begono pembukaannya. Intinya mah saya mau nge-share pengalaman di beberapa nursery room. Semoga bermanfaat.


1. Nursery room Mall Kota Kasablanka (Kokas) Jakarta Selatan
Ini nursery room pertama yang dikunjungi bayi Nisa. Letaknya di lantai yang sama dengan lobi KFC, nggak tau itu lantai berapa hehe. Sebenernya cuma mau ngecek popoknya penuh apa nggak. Jadilah saya mampir.. di pintu depannya langsung ada tulisan ladies only atau apa gitu yang intinya menegaskan emak sama bayinya aja yang boleh masuk. Begitu masuk langsung ada petugas yang menyambut. Kayaknya tugasnya mengarahkan emak dan bayinya sekaligus bebersih ruangan. Jadi ruangannya lumayan lebar. Dilengkapi dengan beberapa kasur kecil buat nidurin si bayi yang berfungsi buat ganti popok atau sekedar ngewaslap bayi. Ada banyak keran, kayaknya sesuai sama jumlah kasur kecilnya tadi. Maap lupa2 inget hoho. Ada bilik-bilik menyusui yang jumlahnya lebih dari tiga seinget saya. Jadi nyaman buat menyusui di dalem bilik ataupun buat ganti popok karena kasur/meja ganti popoknya banyak. Dan pas saya di sana memang banyak emak-emak yang memanfaatkan fasilitas nursery room ini.

2. Terminal 1B Bandara Juanda Surabaya
Di bandara Juanda katanya ada beberapa baby care (nama ruangnya ini kalo di Juanda). Di terminal 1A ada satu, di terminal 1B ada satu dan terminal 2 yang katanya ada banyak. Kebetulan bayi Nisa baru nyoba yang di terminal kedatangan 1B, eh di terminal 1B emang cuma ada satu ini ding. Jadi yang dari terminal keberangkatan 1B habis check in trus bisa turun lagi ke deket tempat pengambilan bagasi. Nah baby Care nya deket2 situ, dari eskalator turun ke kanan keliatan kok tempatnya.
Kalo di sini ruangannya standar, ada satu meja/kasur buat ganti popok, sofa, kasur bayi, kran air, dan galon air. Tempat menyusuinya kyknya ya di sofa itu tanpa bilik-bilik. Karena mungkin yang memanfaatkan tidak banyak jadi memang dibikin seperti itu. Lumayan nyaman.

3. Mall Malang Town Square (Matos) Malang
Letaknya agak nyempil dari keramaian, selantai sama foodcourt. Ruangnya lumayan baru sepertinya. Ada tempat ganti popok, bilik-bilik menyusui, sofa tunggu, keran air, galon air. Sayangnya tempat ganti popoknya nggak ada kasur kecil yang biasanya udah dilapisi perlak. Jadi keras deh..Hehe, disiasati pake kain biar agak empukan buat bayi. Nyaman sih dan bersih meskipun agak mungil ruangannya.

4. Museum Angkut, Batu
Infant room terletak di zona gangster sebelum masuk zona Eropa. Setau saya cuman itu sih. Tempatnya imut, hanya ada satu kasur buat ganti popok, keran air, galon air. Nggak ada sofa tunggu atau menyusui. Tapi masih bisa dibilang terawat. Di beberapa toilet yang ada di museum angkut juga disediakan meja khusus untuk ganti popok. Jadi tinggal dibuka mejanya trus dikasih alas kain biar nggak keras2 amat langsung deh ganti popok.

5. Jawa Timur Park 2 (Batu secret zoo), Batu
Nah ini yang agak sedih...Hiks. jadi tau sendiri kan batu secret zoo segede apa. Tapi menurut info yang kami dapat dari petugas hanya ada dua ruang ibu dan anak. Yang pertama di toilet deket pintu masuk, yang kedua di sekitar foodcourt menuju pintu keluar. Masuklah saya ke ruang ibu dan anak yg di sekitar foodcourt, karena yang sebelumnya kita udah terlanjur masuk jadi nggak bisa ke ruang yang ada di luar deket pintu masuk. Jeng jeng... Ruangannya terlihat nggak terawat. Ada satu kasur buat ganti popok, dua bilik menyusui dengan kursi seadanya.. karena biasanya di baby Care lain disediain sofa, keran air yang mati, dan galon air yang kosong. Ditambah nggak ada kipas atau AC. Hmm..kayaknya emang perlu banget dapet perhatian khusus dari pengelolanya. Meskipun satu grup dengan museum angkut, tapi di toilet batu secret zoo nggak ada yang disediain meja untuk ganti popok juga. Padahal pengunjung bayi dan anak-anak yang membutuhkan juga lumayan banyak.

6. Ruang Tunggu Bandara Adi Soemarmo Solo
Cukup lengkap meskipun mungil, selalu mampir kesini sebelum boarding. Letaknya di ruang tunggu keberangkatan lantai dua, di antara musholla dan toilet wanita. Di dalamnya ada satu meja ganti popok, wastafel, dispenser air biasa dan hangat, tempat sampah dan sofa.
Wallpaper ruanganpun dibuat unyu-unyu khas ruang anak kecil.
Begitulah sedikit pengalaman bersama ruang ibu dan bayi di beberapa tempat umum. Semoga bermanfaat...

Comments