Kebangkitan Bangsa???

20 Mei .Tanggal tersebut seolah tidak asing bagi kita semua masyarakat Indonesia. Hari Kebangkitan Nasional biasanya kita menyebutnya seperti itu. Tapi apa sebenarnya arti hari Kebangkitan Nasioanl??? 20 Mei diperingati sebagai hari Kebangkitan Nasional karena pada tanggal tersebut lahirlah organisasi Budi Utomo. Dan seingat saya, setelah lahirnya Budi Utomo maka lahirlah banyak organisasi lainnya. Tapi apakah kita semua tahu apa yang sebenarnya terjadi di dalam Budi Utomo itu sendiri?? Sebagai masyarakat yang tentunya sudah dikenalkan sejarah sejak kecil seharusnya kita benar-benar mengetahui apa yang sebenarnya terjadi si masa yang lalu supaya tidak terjadi kesalahan yang terulang.
Sayyid Quthb di dalam karyanya “Tafsir Baru Atas Realitas” (1996) menyatakan orang-orang yang mengikuti sesuatu tanpa pengetahuan yang cukup adalah sama dengan orang-orang jahiliyah, walau orang itu mungkin seorang ustadz bahkan profesor. Jangan sampai kita “Fa Innahu Minhum” (kita menjadi golongan mereka) terhadap kejahiliyahan.
Saya sendiri masih belajar mengenai banyak hal termasuk hari kebangkitan nasional tersebut. Hal yang membuat saya tersentak adalah ketika saya membaca sebuah artikel mengenai hari kebangkitan nasional. Setelah membaca artikel tersebut, seolah saya menjadi oarng yang tidak tahu apa-apa selama ini mengenai kebangkitan nasional. Dan memang selama ini saya hanya tahu kebangkitan nasioanl tanggal 20 Mei untuk memperingati lahirnya budi utomo. Tanpa mengenal organisasi seperti apakah budi utomo itu. Budi utomo adalah organisasi yang didirikan oleh Dr. Soetomo. Namun saya baru tahu bahwa Dr. Soetomo dan Dr. Cipto Mangunkusumo yang merupakan tokoh BO keluar dari anggota BO karena merasa kecewa dengan organisasi yang didirikannya sendiri. Mengapa kedua tokoh ini mersa kecewa?? Karena banyak sekali hal yang sesungguhnya tidak sesuai dengan perjuangan mereka pada saat itu. BO tunduk kepada pemerintahan Belanda, hanya terdiri dari orang-orang Jawa dan Madura, anti Islam dan Arab, dll. Maka apakah sebenarnya kebangkitan nasional ??? Mari kita belajar bersama untuk mengetahui kebenaran yang sebenarnya.


Comments

wahid aminullah said…
askum..stlh bc b'bgai artkel d blogmu aq pgen blg,,
mash,ju2r ae.aq salut bgt ma kmu.kmu yg bner2 gokil,trnyata ga pernh lp sdktpun ma agama qt,agm Islm...d balik smw ke-gokil-lanmu,trnyata km msh b'pgang tguh sama smw ajran agma.. (tnang,aq muji tnpa ad mksud apa2 kuk,,he30x)
sdkt kata2 drq......dengan tetap b'pgang teguh pd Al Quran dn Sunnatullah,insyaallah km bs jd bidadari di dunia dan d syurga...amin,,,
wskum...


sodaramu,,,whd