GOOGLE CHROME

Google chrome
Ketika membuka elearning, ternyata pengumuman tema blog telah ter-posting. Segera sja saya buka hal ihwal mengenai pengumuman itu. Di situ tercantum Parsel Lebaran dari para assisten……sungguh baik hati dalam memberi judul, cukup menyejukkan di tengan bulan puasa yang panas di kota Surabaya untuk yang pertama kalinya. Namun setelah saya telusuri lebih jauh…..yak! ternyata terdapat tiga tema… Mungkin dari ketiga tema tersebut yang dapat saya mengerti hanya tema nomor 2, yaitu apa perbedaan jurusan system informasi dengan jurusan computer lainnya…itupun saya masih agak kabur dalam mencari jawabannya.
Apalagi untuk tema nomor 1 dan 3, sama sekali tidak ada bayangan apalagi bentuk rupanya. Segera saja saya browsing untuk mencari jawabannya. Dan seperti biasa, setelah sampai kos tidak langsung saya buka, melainkan didiamkan sampai dingin…untuk berbuka puasa….he25……

 
SEJARAH GOOGLE CHROME
Google mengeluarkan browser terbaru yang diberi nama Google Chrome. Kenapa Google meluncurkan Google Chrome? Sebab mereka percaya, bahwa mereka dapat menambahkan nilai untuk para pemakai internet dan, pada waktu yang sama, mereka memberikan inovasi pada web browser.
Para ahli yang ada di Google sering meluangkan waktu mereka untuk bercakap – cakap, e-mail dan saling berhubungan dengan para teman – teman. Karena mereka sering menggunakan internet, mereka mulai serius berpikir untuk membuat sebuah browser dan membangun semua unsur – unsur terbaik di sana. Kita menyadari bahwa web telah meningkat dari halaman teks sederhana ke aplikasi yang interaktif. Apa yang  benar – benar kita perlukan bukan hanya suatu browser, tetapi juga suatu platform modern untuk halaman web dan aplikasi, dan sejak itulah Google mulai membangun browser itu.
Ini baru sebuah permulaan. Google Chrome adalah masih jauh dari sempurna. Mereka meluncurkan versi beta ini untuk Windows, dan mulai di diskusikan untuk lebih luas lagi. Mereka bekerja keras di tempat mereka bekerja untuk membangun versi Mac dan Linux juga, dan akan melanjutkan untuk membuat lebih sempurna dan lebih cepat lagi.
Suatu web akan menjadi lebih baik lagi dengan lebih banyaknya pilihan dan inovasi. Salah satunya adalah Google Chrome, dan mereka akan selalu berkontribusi untuk membuat web menjadi lebih baik lagi kelak.



KEUNGGULAN GOOGLE CHROME
Ringan
Pertama kali dibuka, chrome nyaris tidak terasa bebannya di resource CPU. Untuk membuka tab sampai 20an, masih oke.

Space Lega
Menu Bar dan Bookmark Bar lenyap (juga statusbar yang auto hide), ada ruang ekstra untuk melihat page yang sedang kita buka. Jadi lebih terasa nyamannya browsing dengan Chrome

Intuitif
Pertama kali dibuka, Chrome akan mengkonfirmasi apakah kita mau mengimport data-data dari browser lain seperti Firefox, IE, dll. Address Bar dibuat mirip dengan Firefox 3, punya Caption dan URL search, jadi cukup mengetikan URL atau Title dari sebuah page, kita akan diberi list URL yang relevan, hanya saja awal - awal proses penampilannya terasa lebih lambat dibanding Firefox 3, tapi setelah dibiarkan beberapa menit, sudah sama cepatnya dengan Firefox 3. Di Chrome, Address Bar juga berfungsi sebagai Search Box, dalam artian jika kita mengetik sebuah keyword (bukan URL), maka akan langsung berpindah ke halaman search (defaultnya adalah Google Search). Juga, setiap page yang kita buka akan masuk ke halaman Most Viewed (halaman yang muncul saat membuka tab baru). Cukup intuitif.

Pencarian Teks
Pencarian teks di Chrome cukup nyaman, saat kita mengetikan keyword, maka Chrome langsung mencari semua teks yang relevan, dan menandainya dengan warna kuning transparan. Di beberapa bagian scrollbar Chrome juga akan ditandai dengan warna kuning yang berarti teks yang relevan ada di posisi scrollbar tersebut. Find Prev / Next keyword juga mudah karena ada tombol Up / Down disebelah kolom keyword. Kita tetap bisa menggunakan shortcut F3 untuk find prev / next.

Satu Kotak Untuk Semua
Di Google Chrome, Anda dapat membuka apapun di web dengan satu kotak. Panel alamat, yang terdapat di bagian atas jendela Chrome biasa, meringkas kerepotan ber-Internet karena berfungsi ganda sebagai kotak penelusuran. Anda juga dapat menggunakan panel alamat untuk menandai situs Web dan mengetahui keamanan situs Web.

Halaman Tab Baru
Bila Anda membuka tab baru, Google Chrome telah mengisinya dengan informasi bermanfaat. Dengan sekali klik, Anda dapat membuka sumber informasi Web yang paling sering digunakan. Untuk membuka halaman Tab Baru, klik ikon + di sebelah tab terakhir.
KomputerBLOG.Com



Pengalaman menggunakan
Berbekal keyakinan bahwa google chrome sudah ada di warnet, maka saya pergi ke warnet dengan perasaan riang gembira, namun setelah log in, google chrome belum di download, akhirnya saya mendownloadnya sendiri. Setelah proses yang cukup memakan waktu, google chrome sudah dapat digunakan, dan saya mulai mencoba menggunakannya, kata teman-teman yang sudah mencobanya google chrome merupakan browser yang cukup cepat maka dalam hatipun saya berharap hal tersebut benar adanya (bahasanya…. :P). Namun apa yang terjadi saudara-saudara?? entah karena saat itu bukan hari keberuntungan saya atau apa, google chrome yang baru saja saya download terasa lambat dan beberapa kali terjadi kesalahan. Akhirnya saat itu saya tidak menggunakan google chrome lagi. Tetapi setelah mencoba lagi beberapa hari kemudian, lumayan juga…..

 Pendapat saya mengenai Google Chrome dibanding browser lainnya
Saya terbiasa menggunakan opera, jadi mungkin pertama kali menggunakannya agak belum terbiasa. Di banding browser lainnya yang pertama terlihat adalah tempatnya terasa lebih luas. Lalu apalagi ya? Pertama kali menggunakan saya sempat bingung bagaimana menyimpan filenya tapi ternyata terletak di sebelah kanan tampilan.




Comments