Lidah

Lidah, sungguh Allah menciptakannya bukan tanpa guna. Sungguh Allah menciptakannya demi menyempurnakan makhluk ciptaannya, manusia. Sungguh Allah menciptakannya untuk sesuatu yang dapat bermanfaat bagi kehidupan makhluk yang bernama manusia.

Tetapi, apakah lidah sudah digunakan dengan tepat? Apakah perkataan yang baik saja yang keluar dari mulut? Lidah adalah senjata yang ampuh bagi si empunya untuk menggunakannya dengan segala kebaikan yang dimiliki atau merusak citranya dengan hal yang tidak semestinya.

Apakah kita sudah menggunakannya dengan tepat? Dengan memujiNya, dengan melantunkan ayatNya, dengan berdakwah lewat lisan, atau berbicara dengan penuh kebaikan dan bermanfaat. Mungkin jika lidah bisa berteriak tanpa kemauan kita, dia akan menyatakan hal yang mungkin tidak kita duga sebelumnya. Lidah dapat mendatangkan manfaat jika kita dapat menggunakannya dengan ucapan-ucapan yang baik, ucapan yang dapat membuat keadaan lebih baik dari sebelumnya, karena lidah pula kita dapat melantunkan ayat-ayatNya, menyampaikan isinya. Tapi jika lidah tidak dijaga, tidak jarang ucapan yang keluar dapat menyinggung orang yang lain bahkan terkadang menyakiti. Dan tidak sesederhana menghapus pensil dengan karet penghapus, ucapan yang menyakitkan mungkin akan terpatri dalam di hati. Mari jaga lidah kita dengan mengucap istighfar setiap kali ada sesuatu ucapan yang mungkin dapat menyakiti orang lain.Indah dunia dengan perkataan yang baik dan lidah yang terjaga.[imm]

Comments