Ahlan wa Sahlan Kawan, Mari buat Legenda Dakwah Kampus Bersama!*(Part 3)

Simulasi terakhir, mengejutkan. Sebenarnya panitia sudah menyampaikan sebelumnya kalau peserta akan syuro’ di lahan terbuka alias outdoor, tetapi saya kira nda mungkin terjadi. Sampai panitia menyampaikan tempat dimana masing-masing kelompok harus syuro’, ada yang di parkiran masjid, portal barat masjid, dan di dekat sekpa. Dan Al-Fatih kebagian di portal barat. O iya, sebelumnya di akhwat baru mengerjakan SWOT saat SMS, dan ternyata di ikhwan belum. Alasannya, sehabis materi malam, pada berpencar semua dan belum sempat berkumpul untuk mengerjakan. Akhirnya kami membahas SWOT yang dibuat akhwat dan ditambah masukan dari ikhwan. Setelah itu kami mengisi skor dan bobot. Agak lupa dalam penentuan skor, namun karena waktu yang tersedia tidak banyak akhirnya dipaksakan untuk mengingat dan menggunakan logika. Data yang diambilpun sangat subyektif, bisa dibilang tidak valid. Di tengah syuro’ tiba-tiba terlihat hal yang tidak biasa, spanduk yang berfungsi sebagai hijab ternyata lepas di kelompok 2, hanya bisa memandang aneh dan berharap semoga cepat terselesaikan. Setelah ketemu ada di kuadran mana, kami sepakat tidak memberikan strategi karena memerlukan pembahasan yang panjang. Di akhir syuro’ muncullah jargon Al-Fatih. Man Jadda wa Jadda. Dan Al-Fatih selesai paling awal(lagi).

Presentasi. Masing-masing kelompok maju sesuai urutan, mempresentasikan hasil syuro’ masing-masing. Dengan waktu yang singkat tentunya peserta agak sulit menentukan strategi ke depan, pun penghitungan yang belum sesuai data yang sebenarnya. Namun, peserta masih terus semangat 2010 dalam mengkritisi hasil kelompok lain. Sampai ada yang tidak kebagian bertanya. Hal yang sering ditemui selama materi. Karena waktu yang kurang, tidak semua peserta memiliki kesempatan untuk bertanya.

PSI 3 ditutup dengan serangkaian evaluasi. Secara keseluruhan peserta dapat melihat perbedaan dari pelatihan-pelatihan yang sudah ada sebelumnya di PSI. Terutama ketika ke-profesinal-an dan disiplin sangat berusaha diterapkan di PSI 3. Materi pun mendukung peserta untuk aktif bertanya. Pelatihan yang mengusung tema “Sinergisitas dalam Bingkai Dakwah Membentuk Pemimpin Militan” ini berhasil membuat peserta merasakan aura PSI 3 yang dikonsep untuk memenuhi marharlah 3, yaitu saksiyah qiyadah.

Syukur yang tak terkira kepada Allah yang telah memberikan saya kesempatan untuk berkumpul bersama hamba-hamba pilihanMu.

Shalawat serta salam kepada teladan kita semua Muhammad SAW, karena kegigihan beliau mengajarkan Islam,kita dapat mengenal dan mempelajarinya hingga kini.

Jazakumullah kepada panitia yang telah terlibat dalam PSI 3, atas segala konsep yang baik, profesional, disiplin, kerja keras, dan segala usaha yang telah dilakukan(termasuk meng-gratiskan peserta untuk tidak membayar infaq, ya nggak?). Banyak hal yang dikorbankan tentu, tapi insyaAllah Allah yang akan membalas semua pengorbanan antum semua. Semoga lebih bekerja keras lagi.

Jazakumullah kepada peserta yang hebat, berusaha disiplin, profesional, dan aktif. Semoga diberi keistiqomahan dalam jalan dakwah. Tunjukkan bahwa kita adalah umat yang terbaik.

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.”.....(QS Ali Imron 110)

Allahuakbar!!!!!!

Allahuakbar!!!!!!

Allahuakbar!!!!!!


*terinpirasi oleh kalimat di buku Analisis Instan Problematika Dakwah Kampus

Comments

Anonymous said…
I for all time emailed this website post page to all
my associates, since if like to read it then my links will
too.