Resensi Palestine Emang Gue Pikirin


Salah satu buku tulisan Shofwan Al Banna, yang berkisah tentang Palestina. Dilihat dari judulnya, banyak orang yang berpikir bahwa penulisnya adalah seseorang yang tidak peduli pada Palestina. Seperti kejadian beberapa waktu yang lalu, ketika saya dan beberapa orang berkumpul. Seseorang bertanya kepada saya, “Bukunya dukung Israel atau Palestine sih? Kok judulnya gini?”. Itu adalah salah satu dari beberapa pertanyaan yang dilontarkan teman saya ketika melihat saya membaca buku ini.

Namun, isinya sungguh luar biasa “lezat”. Dengan penuturannya yang khas, pembahasan Palestina menjadi sesuatu yang menarik dan enak untuk dibaca. Tak jarang, komentar atau catatan tambahan penulis membuat saya tergelitik. Penyajian tiap babnya runtut, dimulai dengan fakta-fakta “mengerikan” yang telah terjadi di Palestina, perbedaan Israel, Yahudi dan Zionis, sampai perjuangan mempertahankan Palestina serta tokoh-tokoh pejuangnya, dll. Tak hanya menyajikan tulisan pengobar semangat, namun juga suplemen sejarah mengenai Yahudi, perang salib, dll.

Membacanya benar-benar memberikan pemahaman yang baik mengenai Palestina. Tidak hanya sekedar membela dan melakukan aksi tanpa tau apa yang sebenarnya terjadi. Seperti yang dikisahkan penulis di salah babnya. Dimana seorang aktivis yang bersemangat menyuarakan Palestina, namun ketika dihampiri media untuk dimintai pendapat mengenai kejadian yang ada di Palestina malah berpura-pura ditelepon orang.

Mau tau lebih dekat dengan Palestina? Mengapa kita harus membela Palestina? Siapa saja tokoh yang syahid di bumi Palestina? Langsung deh baca buku ini! [imm]


*resensi lama yang baru diposting


Comments

andika said…
kayax let ma deh leh,aneuk buy,israel crazy....