Resensi Spiritual Reading

Buku yang menarik perhatian saya saat melihatnya di rak buku perpustakaan Sa’i. Karena sedang punya ”hutang” untuk menyelesaikan beberapa buku, saya hanya meminjam beberapa buku di Sa’i. Salah satunya adalah Spiritual Reading karya Dr. Raghib As-Sirjani yang juga merupakan penulis buku Misteri Shalat Subuh.

Yang menarik, pada bagian pertama , pembaca langsung dipahamkan bahwa membaca bukanlah sebuah hobi, kesukaan, atau kegemaran yang mungkin sering kita sebut dalam curiculum vitae atau lainnya. Melainkan sebuah kebutuhan. Ya, membaca adalah sebuah kebutuhan.

“Membaca adalah sebuah jendela yang membuat seseorang bisa menelaah dan mengetahui segala sesuatu yang dimiliki orang lain dengan cara yang sangat mudah dan simple” (halaman 67) . Salah satu kalimat dalam buku ini yang menegaskan pentingnya membaca. Yang tak mungkin dilalaikan adalah membaca merupakan perintah pertama yang turun kepada Muhammad SAW saat malaikat jibril menurunkan wahyu pada beliau.

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan” (QS Al-‘Alaq:1)

Didalam buku ini, penulis juga menuliskan beberapa referensi buku yang seharusnya menjadi bacaan wajib bagi kita, diantaranya Intisari Tafsir Ibnu Katsir, Fiqhus Sunnah, Wanita dalam Pandangan Islam, dan lain-lain. Tak kalah penting adalah pentingnya tujuan dan minat yang kita tunjukkan dalam membaca sebuah buku. Mengutip dalam bukunya:

“...setiap orang yang membaca, past melupakan 50% dari apa yang baru saja ia baca setengah jam yang lalu. Selain itu ia akan melupakan 80% dari apa yang ia baca 24 jam lalu jika ia memang tak mempunyai tujuan dan target yang jelas dari bacaannya tadi, atau tidak mengamalkan apa yang telah dibacanya.” (halaman 91)

Yang terpenting adalah minat, tujuan, serta apa yang bisa kita ingat dan amalkan dari buku yang kita baca. Dan tak ketinggalan apa yang bisa kita bagi dari buku yang telah kita baca ke orang lain. Kalau dalam buku ini, kita disarankan untuk menuliskan hal-hal penting yang bisa menjadi referensi kita di lain hari. “Jika di salah satu judul buku yang telah anda baca ada hal-hal yang penting atau anda punya usulan pada poin-poin tertentu dari sebuah buku, tulislah dalam sebuah buku. ”(halaman 36)

Oke, selamat menikmati buku yang anda baca dan jangan lupa untuk membagi apa yang anda dapat dari buku tersebut ke orang lain. Semangat membaca! [imm]

Comments