Buku Catatan KSD



"Kapanpun, tulisan memang bisa menggerakkan. Tulisan bisa memberi inspirasi dan energi bagi seseorang (atau bahkan bangsa) untuk berubah " (Warnai Dunia dengan Menulis- M. Anwar Djaelani)

Akhirnya, setelah lebih dari setahun mungkin, buku KSD benar-benar bisa dipegang. Setelah perjalanan panjangnya, dari sana kemari yang cukup tidak menentu (lebay). Di awali di milist sepertinya, pembahasan pembuatan buku setelah kepengurusan sempat menjadi topik beberapa kali. Dari yang konsepnya gimana, pembagian kerjanya gimana, progresnya gimana, sampai akhirnya berita bukunya sudah ada di Surabaya. Dan hari sabtu, 23 Juni 2012 lalu akhirnya buku ada ditangan.
Sebenarnya pembuatan buku ini kalau dari saya terinpirasi dari kumpulan kisah perjuangan ikhwah angkatan 2003 yang dijadikan buku “Mozaik Dakwah nan Indah”. Selain itu terlalu sayang kalau perjalanan setahun tidak terdokumentasikan dan hilang bersama berjalannya waktu. Karena seperti yang pernah saya tulis di “Sampaikan Pesan Anda”, tulisan itu bisa membuat kita merasakan “kehidupan”saat kita menulis cerita tersebut.
Panjangnya pembuatan buku ini sebenarnya karena....apa ya? Hehe. Kalau dari saya sendiri karena buku ini tidak terikat deadline atau sesuatu yang mengikat, seperti kontrak, penerbit, dll. Jadilah sering ditinggal dan tertumpuk oleh hal lain. Sampai beberapa bulan lalu, pembuatan buku ini benar-benar saya tinggalkan. Tulisan sebenarnya sudah terkumpul semua setelah proses editing, sudah diurutkan juga sesuai tanggal dan kesesuaian tulisan, tapi belum disusun dalam satu buku. Belum ditambah ini itu, walaupun sebagian besar udah selesai. Seperti pengantar buku dan CV penulis. Karena tidak terikat itu mungkin, dan nggak ada yang ngingetin, saya biarkan pembuatan buku ini mandeg tanpa kejelasan. Sampai akhirnya pak muhammad mengingatkan, paling tidak buku ini bisa tersusun dan cetak beberapa buah.
Akhirnya, dengan tujuan “yang penting selesai dan bisa cetak beberapa buah” mulai lagi menyusun dan memberi sedikit tambahan sedikit-sedikit. Setelah selesai jadi softcopy buku, yang terjadi selanjutnya adalah percetakan yang tepat untuk buku ini. Karena di syuro buku beberapa waktu lampau dikatakan bahwa buku ini bukan untuk diperjualbelikan dan akan diberikan secara Cuma-Cuma untuk beberapa pihak, maka kami mencari pendaan sendiri dan percetakan yang sesuai dengan keuangan yang ada.
Akhirnya ditemukan juga percetakan yang lagi promosi. Ya sudahlah, dicetaklah dipercetakan tersebut. Sempet nggak jelas juga keberadaannya. Namun akhirnya, bisa diambil juga di kantor pos. Dan akhirnya terdistribusikan ke beberapa pihak. Perjalanan yang lumayan panjang, melebihi perjalanan kepengurusan KSD (sepertinya). Tapi insyaAllah bermanfaat untuk jangka waktu yang lebih lama dari pembuatannya. Aamiin. Terimakasih kepada semua yang telah memberikan waktunya dalam pembuatan buku.
Satu hal yang harus diingat dalam pembuatan buku sejenis, yaitu kemauan tinggi untuk meninggalkan “jejak”. Jejak yang tidak biasa tentunya, jejak luar biasa yang mungkin dikemudian hari akan selalu hidup dalam sebuah buku. “Catatan Kabinet Sinergisitas Dakwah”.

*next project : jejak Kabinet Kampus Madani dan Jejak Jama’ah Masjid Manarul ‘ilmi

Comments