PASTI ada

“Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain. dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.” (QS Al Insyiroh:7-8)
-Masih teringat ucapan salah satu dosen penguji saat tanggal 7 Juni 2012 lalu, “Sampai ketemu lagi di sidang akhir”. Rasanya, nano-nano. Eh, sekarang udah tanggal 26 Juni aja. Sungguh-sungguh, ayok, setelah sidang progres, sidang akhir menanti.-
Kapan sidang akhir? Hmmm..pertanyaan ini yang sering mampir di telinga maupun kulontarkan pada teman-teman seangkatan yang sedang mengambil tugas akhir di semester ini. Seringnya kujawab, belum lulus TOEFL ni, belum bisa daftar sidang akhir. Karena ada perubahan di jurusan, jadilah saya harus meluluskan TOEFL sebelum mendaftar sidang akhir. Ada beberapa teman yang telah sidang akhir, ada yang dalam penantian karena tanggal sidangnya sudah ditentukan, ada juga yang belum tau sidang akhirnya kapan karena harus ada prosedur sebelum melakukan sidang akhir yang belum terpenuhi. Mungkin salah satunya saya. hehe
Semenjak mengambil tugas akhir, saya jadi tau bahwa prosedur kelulusan di tiap jurusan berbeda. Ada yang sidang akhirnya lama sekali, ada yang pake seminar, ada yang tanpa seminar, ada yang harus melengkapi ini itu dulu sebelum sidang akhir, ada yang nggak. Di laboratorium SPK (Sistem Pendukung Keputusan), saya juga mengamati kebiasaan yang dilakukan teman-teman saat mengerjakan tugas akhir. Yang paling menyenangkan adalah saat jadwal bersih-bersih lab tiba, kami yang “spaneng” di depan layar masing-masing biasanya akan berkumpul di depan lab untuk membicarakan.....apalagi kalau bukan tugas akhir. Mulai dari prosedur, persiapan yudisium, progres TA, dll.
Setelah mengalami pembicaraan tadi pagi dan juga pengalaman diri sendiri serta cerita dari teman, bisa saya simpulkan, tugas akhir itu adalah masalah mindset, ketidakpastian, dan kesiapan. Mindset betapa besar dan beratnya tugas akhir, ketidakpastian prosedur, waktu, diri sendiri, kesiapan ruhani, mental, dan fisik untuk menjalankan segala perjalanan panjang tugas akhir. Ya, bukan masalah lagi ketika dengan pasti kita yakin bisa memberikan yang terbaik, Allah pasti sudah mempersiapkan skenario terindahnya. Meskipun TOEFL belum lulus, tugas akhir juga belum sepenuhnya selesai, deadline sidang akhir di depan mata, dll, harus yakin bisa memberikan yang terbaik. Harapan itu PASTI ada. Semangat pejuang Tugas Akhir, kita bisa melaluinya!

Comments