Allah Selalu Tau yang Terbaik


“Sekarang-sekarang ini di kampus hanya tinggal mahasiswa tugas akhir dan mahasiswa aktivis” kata..saya lupa siapa, pokoknya pas ngobrol-ngobrol tentang kampus. Rasanya satu semester ini memang nggak jelas antara libur dan kuliah, mata kuliah tinggal satu.  Sisanya? Terserah anda....seperti sekarang, mau libur, mau nggak libur, rasanya...sama aja.
Setelah melalui beberapa proses, akhirnya, menunggu proses akhir. Masih inget bagaimana membuncahnya perasaan saya saat menerima kartu berwarna oranye itu. Kartu bimbingan tugas akhir. Rasanya, bener-bener udah tugas akhir. Hehe. Kini, mungkin hampir sama dengan yang saya rasakan empat tahun lalu, saat hampir semua sahabat saya mendapatkan tempat menuntut ilmunya di universitas masing-masing. Sedang saya? masih H2C dengan hasil tes SNMPTN yang mungkin jadi pilihan kesekian bagi saya setelah beberapa kali tidak berhasil di pilihan-pilihan awal. Sempet buka lagi planning saya empat tahun lalu, dan saya rasanya masih bisa merasakan semangat itu. Di sebuah kajian atau apa saya lupa, seorang ustadz menyampaikan, “bukan memaksa Allah”. Ya, sampai sekarangpun saya berusaha untuk mengembalikan semangat itu. Semangat keyakinan bahwa apapun hasilnya nanti, itulah skenario terbaik dari Sang Maha Mengetahui.
Berikut tahapan-tahapan yang harus dilalui mahasiswa sistem informasi yang berencana lulus (Laboratorium Sistem Pendukung Keputusan, karena biasanya setiap lab punya kebijakan sendiri, tapi pada intinya nggak beda jauh insyaAllah). Semoga bermanfaat.
Stage 1
  1. Sebelum memutuskan topik, judul, dll, pastikan telah berkonsultasi dan meminta salah seorang dosen untuk menjadi dosen pembimbing. Karena dari sanalah petualangan bermulai.
  2. Setelah mendapatkan dosen pembimbing, maka tinggal berkonsultasi lebih lanjut tentang tugas akhir yang akan diangkat. Kemudian, persiapkan diri untuk sidang proposal.
  3. Setelah pengerjaan proposal sidang akhir selesai dan siap untuk sidang proposal, maka daftarakan diri anda untuk melakukan sidang proposal  pada admin lab SPK. Semua form bisa didownload di share-share-an lab.
  4. Setelah mengisi form, dan merencanakan tanggal sidang bersama dosen pembimbing, maka tinggal minta tanda tangan ke beberapa pihak untuk pelaksanaan sidang proposal. Dosen pembimbing, Koordinator TA, dan Kepala Lab SPK. Setelah tanda tangan terpenuhi, maka kumpulkan form tersebut ke admin lab. insyaAllah jadwal sidang proposal akan diumumkan di lab dan biasanya sesuai dengan tanggal yang diminta dosen pembimbing.
  5. Sidang proposal deh...
  6. O iya, sebelum sidang proposal, biasanya ngeprint lembar berita acara dan lembar evaluator. Berita acara cukup satu saja, sedangkan lembar evaluator tergantung jumlah dosen pembimbing dan dosen penguji.
  7. Setelah pelaksanaan sidang, dan apabila dinyatakan tanpa revisi, maka tinggal lanjut aja. Tapi kalau dinyatakan revisi, maka anda harus merevisi sesuai dengan yang diinginkan evaluator.
  8. Jika telah selesai merevisi proposal, maka ajukan revisi proposal tersebut ke masing-masing evaluator untuk disetujui.
  9. Jika sudah mendapat semua persetujuan evaluator, maka anda bisa mendapatkan kartu bimbingan di TU jurusan.
  10. Selain mendapat kartu bimbingan, anda  juga bisa mengajukan surat pemakaian lab ke admin masing-masing admin. Dapet satu set komputer dan perlengkapannya dah.
Stage II
  1. Setelah melalui stage I, maka langkah selanjutnya adalah mengerjakan TA nya. Tadi di stage I kan Cuma sampai revisi proposal diterima.
  2. Setelah anda siap untuk sidang progres (minimal sebulan setelah sidang proposal standartnya), anda bisa mengajukan ke admin lab untuk pelaksanaan sidang progres. Formnya hampir sama dengan form pendaftaran sidang progres. Judulnya aja yang beda. J
  3. Pengajuannya pun menunjukkan form evaluasi yang membuktikan bahwa proposal anda telah disetujui revisinya oleh dosen penguji atau evaluator. Jadi bawa dua jenis form, form pendaftaran sidang progres dan form evaluasi yang telah disetujui penguji.
  4. Jika sudah mendapatkan tanda tangan yang harus diisi di form pendaftaran, maka kumpulkan ke admin lab untuk diatur jadwal sidang progresnya.
  5. Kalau sudah, berarti tinggal nunggu aja, sampai jadwal dipampang di mading lab.
  6. Sidang progres deh...
  7. Setelah sidang progres, jika tanpa revisi ya lanjut aja. Kalo dengan revisi, brarti harus merevisi sesuai yang diinginkan evaluator. Hampir mirip prosesnya dengan revisi proposal.
  8. Setelah melakukan revisi proposal, maka anda juga harus menunjukkan revisian tersebut ke dosen evaluator.
  9. Setelah mendapat persetujuan, selesaikan TA.
Stage III
1.     Setelah buku TA selesai, jurnal selesai, maka anda siap mendaftarkan diri untuk sidang akhir ke admin lab, koordinator TA, dan TU jurusan.
2.     Untuk ke admin lab, anda cukup mengumpulkan form pendaftaran sidang akhir yang formatnya lebih sederhana dari form pendaftaran sidang proposal dan sidang akhir. Cukup tanda tangan kita dan dosen pembimbing.
3.     Untuk ke koordinator TA yang agak ribet, harus menunjukkan buku TA, jurnal, bukti nilai TOEFL terakhir (tapi mulai kelulusan depan harus menunjukkan bahwa kita sudah lulus TOEFL ), kartu bimbingan, dan form evaluasi yang sudah disetujui dosen evaluator.
4.     Untuk TU jurusan, cukup mengumpulkan form pendaftaran sidang akhir saja.
5.     And then....road to sidang akhir
Stage IV
Saya belum bisa bercerita bagian ini, karena saya belum mengalaminya... Allah selalu tau yang terbaik. #kepercayaan tingkat tinggi

Comments