Negarawan Muda, Memimpin Indonesia

Al-Fatih, Totalitas sang Juara!



“Dan berapa banyaknya nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut (nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar” (QS Ali Imron:146)

“Nanti agendanya apa aja mbak?”tanyaku pada mbak pendamping sebelum saya bergabung di ETOS.
Dan dijelaskanlah beberapa agenda harian, pekanan, pembinaan angkatan, pembinaan bersama, dll.  Ya, saya hanya mengenal Etos dari beberapa teman yang menerima manfaat dari beastudi ETOS.

Oke, rapat manajemen pun sudah beberapa kali dilalui, ada beberapa agenda yang harus kudengar meski asing sebelumnya. Outbond, Wisuda Etoser, TENS , OENS. Hmm...harus banyak belajar ni. Sampai saat entah rapat manajemen ke berapa, yang jelas diputuskan kalau kami (saya dan mahendra) menjadi pendamping angkatan 2011. Hiya...belajar lagi. Sip dah, banyak yang harus dimengerti di awal. Mulai dari kebiasaan asrama, berjalannya pembinaan, etoser, angkatan, dll.
Sampai akhirnya, kita benar-benar dituntut untuk mempersiapkan TENS (Temu Etos Nasional). Ada beberapa video rekaman tahun lalu yang saya dapat dari etoser, paling tidak memberikan gambaran tentang TENS dan segala perniknya. Cukup disitu saja? No...no... penugasan kelompok dan individu juga harus disiapkan. Masih ingatkah dengan materi “The Winning Team” beberapa bulan lalu. Kalian terlihat bersemangat dengan segala kekompakan yang harus dilakukan untuk TENS. Beberapa bulan setelah itu, dengan berbagai kesibukan di berbagai organisasi maupun amanah yang ada membuat kalian saling bekejaran dengan waktu. Sampai saat beberapa waktu lalu, saat tangis tak terelakkan, saat argumentasi berpadu dengan pertahanan diri. Semua itu ada pembelajarannya dek. Termasuk untuk saya, atau kami sebagai pendamping.

Hari sabtu 14 Juli 2012 lalu akhirnya kita sampai pada hari yang telah dipersiapkan sebelumnya. Dengan segala pengorbanan waktu, tenaga, pikiran, perasaan bahkan. Kalian telah sampai pada waktu yang dinantikan. Pun dengan saya. Bertemu dengan calon negarawan muda dari 14 universitas dan 12 kota berbeda yang siap memimpin Indonesia. Setiap sesinya bisa dibilang, ada perasaan lain yang menyergap saya. Senang, bahagia, bangga, haru. Saat-saat tidak jelas menunggu sidang akhirpun akhirnya bisa saya “bunuh” dengan melaluinya bersama keluarga ETOS nusantara, termasuk pendamping inspiratif yang selalu membuat saya semakin meyakini bahwa rencana Allah sangatlah indah.

Ketika harus meninggalkan TENS kemarin malam, ada hal yang tidak saya ragukan lagi, ada hal yang sudah saya percayakan, yaitu kalian. Melihat gigihnya persiapan, bertahan saat TENS, persaudaraan dengan etoser lainnya. Satu hal yang pernah saya sampaikan saat beberapa waktu lalu di UPMB, selalu luruskan niat kalian di sini. Bukan hanya menjadi juara ataupun predikat apapun di TENS, tapi pembelajaran atau hikmah apa saja yang kalian dapat dari TENS dan tentunya manfaat apa yang bisa kalian beri setelah agenda ini. Kalian sudah menyampaikan rencana konkrit seusai TENS sebagai negarawan muda, jangan sampai rencana itu hanya sebagai “pemanis” peran kalian. Tapi hayati setiap perkataan dan amanah ini. Karena kalian adalah juara sejati yang tidak pernah berhenti.

Maaf jika selama mendampingi kalian banyak hal yang kurang berkenan. Mari sama-sama saling menumbuhkan.
AL-FATIH, TOTALITAS SANG JUARA! NEGARAWAN MUDA, MEMIMPIN INDONESIA!

Comments

Ikhsan said…
Mantap bu pendamping, seorang pemimpin muda tidak lahir secara instans, melainkan harus terbina secara mantap baik ruhiyah, fikriyah, serta jasadiyahnya..
Immash said…
sip pak supervisor. semoga istiqomah!