Allah Selalu Tau yang Terbaik (2)


melanjutkan episode sebelumnya...

Stage IV
Sambil menunggu kepastian sidang, saya mengurus beberapa persyaratan sebelum berangkat ke Semarang. Beberapa persyaratan yudisium plus cara ngedapetinnya:
1   1. Surat keterangan lunas IKOMA (Bebas IKOMA)
Pergi ke kantor IKOMA yang ada di kantor BNI yang lama di kantin pusat. Di sana nanti kita tinggal menyerahkan KTM dan petugas yang akan mengecek apakah kita masih punya tanggungan IKOMA atau tidak. Jika sudah tidak punya tanggungan IKOMA lagi maka kita akan mendapatkan surat keterangan lunas IKOMA.
2   2. Surat bebas KOPMA
P   Pergi ke KOPMA dai M-Web lantai 2, di sana kita akan diminta mengisi  nama, NRP, dll di buku besar. tinggal tunggu satu hari, keesokan harinya bisa diambil.
3   3.Sertifikat TOEFL
Kalau yang ini nunggu sampai lulus TOEFL dulu dengan standart 477. Setelah lulus, kita bisa nyetak sertifikatnya di loket pembayaran UPT Bahasa. Tinggal bilang cetak sertifikat, bayar sejumlah sertifikat yang mau dicetak dan kita bisa mengambil kuitansi pembayaran sertifikat. Biasanya sertifikat jadi setelah 2 hari kerja. Ngambilnya di bagian pengambilan sertifikat di lantai 1.
Lainnya menyusul saat sudah selesai sidang akhir.
Setelah sidang berakhir dan diputuskan kita revisi, tanpa revisi atau yang lainnya, kita bisa minta surat bebas2 ke TU jurusan, kita akan dapet beberapa surat bebas diantaranya:
  1. Surat bebas Bimbingan dan Tugas Akhir
Kalau untuk surat yang ini langsung bisa minta tanda tangan ke dosen wali, selesai deh.
  1. Surat bebas lab
Tergantung kebijakan laboratorium masing-masing. Ada yang Cuma menyerahkan surat aja, ada yang mengumpulkan program atau yang lainnya.
  1. Surat bebas RBSI (Ruang Baca Sistem Informasi)
Setelah buku kita fix (setelah mendapatkan tanda tangan dosen pembimbing, penguji, dan kajur di lembar pengesahan), buku + CD dikumpulkan ke RBSI dan kita akan dapet surat bebas RBSI dari mbak rini.
  1. Surat bebas Perpustakaan pusat
Ini yang biasanya lama, sampai berhari-hari kalau lagi ngantri-ngatrinya. Prosedur pengambilannya:
a.        Ke lantai satu, ruang pengadaan. Kita ngumpulin CD untuk di cek isinya, sudah bener atau belum. Kalau udah bener bisa dapet lembar yang bisa mengantarkan kita ke tahap selanjutnya, kalau ada yang salah, harus dibenerin lagi. Setelah di cek CD nya dan udah bener, kita tinggal ngumpulin buku dan dapat lembaran check list.
b.      Selanjutnya, kita bisa ke bagian pengecekan peng-uploadan file di digilib. Tapi kalau lagi rame banget, mending kita ke lantai 3 dan 4 dulu.
c.       Ke lantai 3, nyari 2 tanda tangan. (saya lupa nama ruangannya, tapi ada di lembar check list)
d.      Ke lantai 4 juga nyari 2 tanda tangan. Di salah satu ruang, kita juga harus mengumpulkan kartu perpustakaan pusat.
e.      Nah, mau nggak mau kita harus kembali ke lantai satu untuk dapet ACC tanda tangan upload digilib. O iya, sebelum ke mengumpulkan lembar ke check list digilib, pastikan sudah mengupload file kita dengan ketentuan yang benar di digilib. Kalau ada yang kurang atau kesalahan dikiiittt..aja, harus revisi dan ngatri lagi deh.. yang biasanya salah: watermark nya nggak bisa diedit atau diremove, salah penamaan/penempatan file, dll. So, harus teliti sebelum mengupload ya.
f.        Setelah dapet acc digilib, kita tinggal ke lantai 5 dan lembar check list kita diganti dengan surat bebas perpustakaan deh...
g.       Alhamdulillah, selesai proses di perpustakaan pusat.

Comments

oee mba. lama tak jump0 kemane aje... hoho
Immash said…
kemarin dzuhur masih ke manarul kok dek.. :)
besok juga mau ikut mudik bareng..
tahun lalu bener2 jadi episode (terakhir) ramadhan di kampus sepertinya..#masih inget tulisanku yang itu nggak?