Data..Data..Data...



Data itu luar biasa...saya baru menyadari betapa banyak dan rumitnya data perguruan tinggi setelah bekerja di pusat data. Hmm..tidak semudah yang saya alami ketika masih menjadi mahasiswa yang tidak tau menau kemana data-data itu dikelola. Dan jrrreeeennnggg.... masih banyak yang harus dirapikan. Hampir sama mungkin dengan yang saya alami waktu magang ataupun kerja praktek. Ketika magang di salah satu lembaga amil zakat, ada begitu banyak data donatur yang harus dientri kan untuk penyimpanan data donatur. Ya, karena data-data tersebut harus dikelola dengan sebaik-baiknya, maka perlu proses pemindahan data, jadilah saya magang sebagai data entry. Lain lagi waktu saya kerja praktek. Sebuah perusahaan berskala internasional namun data-datanya masih menggunakan penyimpana dan format data yang menurut saya kurang aman. Hingga akhirnya kami memilih perencanaan strategis sistem informasi sebagai topik kerja praktek kami.

Dan kini, data-data semakin berseliweran di depan mata. Yosh.. saya suka data. Hehe. Mungkin harus dengan cinta kalau mengerjakan tugas data-data ini. Karena berjumpa dengannya setiap hari, lama-kelamaan jadi akrab. Gimana nggak, 8 jam sehari paling tidak harus berkawan baik dengan ms.excel, sql server, heidi sql dan kroni-kroninya.

Meskipun setiap hari melewati SAC (Student Advisory Center) yang dihari-hari tertentu ramai dengan calon karyawan di perusahaan, tetap kurang menarik saya hingga memasukkan lamaran ke salah satu perusahaan yang ditawarkan. Terhitung hanya sekali saya masuk SAC dan itupun ketika Maba, tes psikologi kalau nggak salah inget. Apa hubungannya data dan SAC? Berkaitan erat dengan kapankah saya “mulai melanglang” di luar ITS sebenarnya. Karena udah ditanyain, entah yang kesekian kalinya. “kamu nggak apply kerja?”, tenang sodara-sodara, saya juga sambil apply kerja ini, hanya saja mungkin belum saatnya sekarang meninggalkan data-data yang cantik. J

Jadi, apa pentingnya data? Data penting bagi kehidupan. Hoho.

Comments