Sibuk


Sungguh saya merasa tergelitik ketika ada yang menyampaikan si anu susah dihubungi karena sibuk, atau karena semua pada sibuk jadi nggak ada yang ngerjain bagian ini dan sibuk-sibuk yang lain. Okelah masing-masing kita pasti punya kesibukan. Kalo nggak ada kesibukan itu yang justru ‘mencurigakan’ juga. Hehe. Harus segera nyari kesibukan.


Tapi seringkali kita menjadi ‘kesibukan’ tersebut untuk mangkir terhadap suatu hal. Dan inipun terkadang terjadi dengan saya. Kenapa? Karena manajemen sibuk kita yang perlu dibenahi mungkin. Huhu.

Sebenarnya yang menjadi titik tekan ‘curhatan’ saya kali ini adalah.... “Helloooo.. semua orang juga punya kesibukan, jadi jangan mengganggap diri sendiri paling sibuk trus membolehkan untuk tidak mengerjakan kewajiban yang bisa jadi menjadi kepentinga bersama” atau ada alasan lain? capek misalnya? Sama dah .... “Hellooooo.. semua orang juga capek, yang membedakan adalah kita capek untuk urusan sendiri atau urusan banyak orang?”

Kutipan dari ustadz cahyadi takaryawan yang cukup ‘menohok’:
Bukan hanya kamu yang lelah. Jangan GR. Mereka juga lelah, semua juga lelah. Tetapi, apakah kelelahanmu di jalan kebenaran ? Apakah lelahmu di jalan Kenabian ? Apakah lelahmu di jalan Tuhan Yang Penyayang ?Jika lelahmu di jalan Tuhan, masih adakah artinya menghitung jumlah lelah ? Masih perlukah mengeluhkan kelelahan ? Masih adakah keperluanmu membuat perhitungan dengan kelelahan ?

Sungguh lucu dizaman yang serba sibuk dan serba capek ini kita masih berkutat dengan kesibukan-kesibukan diri sendiri dan juga bercapek-capek untuk keuntungan pribadi. Taukah,  mungkin saat di sudut lain saudara kita mengerjakan ini itu untuk bersama, sementara di sudut lain ada yang mengerjakan ini itu untuk entahlah saya juga susah mendefinisikannya. Jadi, mari saling memahami bahwa kita memang sama-sama sibuk namun harus saling menyinergikan kesibukan menjadi sebuah hal yang jauh lebih bermanfaat. Jangan menjadi beban bagi orang lain.

Masihkah sibuk?

#refleksi diri sendiri yang juga masih sering ‘sok sibuk’ untuk dirinya sendiri. :)

Comments

Unknown said…
wahhhh, pas banget mba,.. ane juga pengen curhat begituan... :)
Immash said…
semoga selalu dalam kesibukan di jalan Allah.. :)