K2M=Kerja, Karya, Manfaat


“Sudah saya putuskan, mau bikin buku sendiri ajaaaaaa.....”  teriak hati saat ‘trauma’ dengan buku antologi tahun lalu. Hehe. lebay mode:on.

Baiklah, dan segera sebelum saya bermalas-malas dan pada akhirnya tu buku nggak jadi-jadi, saya kumpulin tulisan-tulisan selama setahun dan jadilah ‘Sejuta Warna’. Horee .. nggak ada aksi nagihin tulisan, nggak ada aksi nanya ini itu, nggak ada lagi aksi editing tulisan yang segambreng banyaknya, dan konco-konconya.
Lha.. ternyata sodara-sodara, saya juga lupa gimana awalnya, jadilah saya mengulang ‘trauma’ tahun. Kalo nggak salah dari diskusi dengan pak sekjend K2M yang juga sudah meluncurkan buku tulisan selama setahun kepengurusan juga. Buku yang saya sebut di sini adalah buku dalam wujud pdf rekan. Karena pengerjaannya pun ‘do it yourself’. Mulai dari nulis sendiri, ngedit sendiri, bikin layout sendiri, upload sendiri, dll. Dan karena sebenernya rekan-rekan pengurus harian 1112 memiliki potensi menulis yang luar biasa, serta kami merasa ‘eman’ dengan segala hiruk pikuk yang terjadi dalam setahun dikepengurusan hanya kami alami saja tanpa ada pembelajaran yang ditinggalkan, jadilah kembali harus berperang dengan yang namanya cuek, malas, dkk.

Hampir sama dengan kejadian buku Catatan KSD, namun kali ini digarap tanpa syuro sama sekali. Hehe. Hanya komunikasi lewat sms, grup, fb, email. Berawal dengan mengetuk kembali ke seluruh PH untuk mengumpulkan tulisan yang dibuat tentang lini, tentang pembelajaran yang didapat selama menjadi PH ataupun kejadian-kejadian yang sayang untuk tidak disampaikan ke kepengurusan berikutnya. Dan ukh Dea berbaik hati untuk menjadi editor sekaligus meramu buku tersebut menjadi tiga bagian besar. Catatan lini, nostalgia dan taujih. Meskipun sempat lama tak terdengar kabarnya, dan memang kami tidak mendeadline pekerjaan ini, jadilah buku ini nggak jadi-jadi. Hoho.

Akhirnya, direncanakanlah sebuah syuro untuk membahas kelanjutan buku. Daaannn... nggak jadi, akhirnya hanya menjelaskan beberapa hal yang penting terkait teknis pembuatan akhir buku. Karena kalau dari segi bahan sudah siap. Mulai dari pendanaan, percetakan, tambahan tulisan, launching, dan teman-temannya. Dan alhamdulillah kemarin, 23 Juni 2013 buku Simfoni Pelangi launching di Musyawarah Kerja JMMI. Pada launching tersebut, PH 1112 yang datang (Erik, Agil, Bayu, Immash) menyampaikan overview isi buku dan juga tujuan serta beberapa pesan lainnya. Dan pada akhirnya, buku sudah ditangan. Alhamdulillah Ya Rabb, atas izinMu sejarah kembali tertulis.

Jazakumullah kepada semua penulis, kepada ukh dea yang sudah meramu buku, kepada ukh nuris yang sudah mendesain cover, kepada pak faishal yang sudah melayout isi buku,  kepada Pak Agil yang sudah kesana-kemari di percetakan, kepada para donatur sehingga buku ini bisa menjadi sebuah pembelajaran bagi  generasi berikutnya, kepada semua pihak yang menginspirasi dan menjadi bagian sejarah selama kepengurusan. Selanjutnya, masihkah kita memiliki project bersama?


 K2M= Kerja, Karya, Manfaat

Comments