KRL, Jalan Kaki, Angkot (2)

Malam yang dihabiskan dengan jalan kaki. Padahal di Surabaya belum pernah ni kayaknya jalan kaki sejauh ini. Hehe. Karena menghindari macet dan pengen jalan kaki, maka kita pun berjalan kaki untuk mencari kuliner yang bisa diincip-incip. Tujuan pertama nasi goreng gila, tapi ternyata udah nggak ada warungnya. Kayaknya mbak marii lama nggak ke daerah ini. J akhirnya karena saya teringat beberapa rekomendasi adek kontrakan, kitapun menuju tempat yang dimaksud, di daerah hotel pangrango 1. Sebelumnya, kita kan jalan tuh, nah di sepanjang jalan ada warung-warung semacam penyetan di keputih namun ada format yang berbeda. Yaitu dedaunan yang banyak di meja dan pete yang bergelantungan, bener-bener lalap kumplit.

Dan meluncurlah kita pake angkot (akhirnya), tapi nggak lama juga kita naik angkot, lanjut jalan kaki lagi. Pas udah nyampe di depan apple pie, ternyata tutup. Oke, kita langsung nyari makan berat. Ada beberapa pilihan kuliner di sekitar  hotel pangrango, mungkin bisa jadi rekomendasi.

    Lokasi Toko  Klappertart
  1. Klappertart, ini kue yang dulu sempet terbayang-bayang karena ngeliat acara kuliner di tipi. Korban acara kuliner dah pokoknya. Sempet beli waktu di Bandung dulu, namun topingnya sekarang udah macem-macem, blueberrylah, coklat, keju, dll. Nama warungnya lupa dan saya juga nggak sempet mampir. 
  2. Kedai Kita. Kalo ini lebih ke menu2 ‘londo’. Ada mie hot plate, pizza bakar, zoupa soup, dkk. Rasanya lumayan enak dan harganya nggak begitu mahal. Sekitar 20an ribu, kalo pizza paling murah seloyang 47rb. Boleh dicoba dah kalo di sekitar hotel pangrango.
  3. Apple Pie. Sebenernya sederhana sih setelah membeli, cuman memang ada beberapa variasi pie. Ada yang isi coklat, keju, dll. Karena saya lagi pengennya beli yang original, jadilah beli apple pie original. Kalo harga masih standar, yang kecil sekitar 30anrb, middle sekitar 40an rb, besar lupa berapa harganya. Lumayanlah kalau mau dijadiin oleh-oleh karena tahan kurang lebih 4 hari di luar kulkas dan satu minggu di dalam kulkas.
    Lokasi Apple Pie
  4. Masakan arab, lupa nama warungnya apa. Intinya menu2 arab. Nggak sempet memperhatikan dan masuk.
  5. Macaroni panggang. Ini sebenernya juga mau dibeli pas jalan sama mbak marii, tapi sama kondisinya kayak apple pie, tutup juga. Pas besoknya ke daerah itu, udah kenyang dan kita nggak beli makaroni jadinya.
    Lokasi Macaroni Panggang
  6. Warung taman. Kalau yang ini menu makanannya yang mungkin sering kita temui dan ada di mana saja. Seperti nasi goreng, mie goreng, ayam goreng, dll.
  7. Dll, masih banyak yang lainnya
Di sekitar situ juga ada taman, mungkin kalau di Surabaya mirip Taman Bungkul. Ada orang-orang ngumpul, main skateboard, dan masih ada aktivitas lainnya. Ada jajanan pinggir jalan lagi, sebangsa cireng dan kawan-kawannya. Selesai makan bersama mbak mariii, ternyata acara jalan kakinya belum selesai. Saya ternyata ditunjukkan jalanan menuju kebun raya bogor sisi istana presiden. Sebelum itu kita melewati trotoar yang lumayan bikin ngos-ngosan karena tingkat kemiringannya lumayan. Di seberang jalan ada lapangan yang digunakan untuk berolahraga pagi plus jalan yang kami lewati juga dipakai car free day saat hari minggu.

Dan sampailah kami di sisi kebun raya yang di luarnya nampak istana presiden yang anggun. Cukup sampai di situ jalan kakinya? Ternyata tidak sodara-sodara, karena angkot yang seharusnya mengantar kami pulang pada penuh, jalanlah kami ke depan stasiun untuk ngangkot yang agak kosongan. Sesampainya rumah nenek mbak marii, langsung tepar dengan kaki yang serasa berkonde.

Comments