Out of The Box


Saya kagum melihat orang yang memiliki ide ‘out of the box’, dan saya merasa iri dengan orang yang dikaruniai kemampuan tersebut. Hehe. Sedangkan saya mungkin termasuk orang yang agak jarang memikirkan sesuatu yang ‘diluar kebiasaan’. Makanya suka kagum dengan ide kreatif yang muncul dari orang-orang out of the box. Nah, tadi pagi di kantor ada majalah SWA edisi oktober yang membahas kreatifitas, termasuk menampilkan beberapa tokoh dengan ke – out of the box – an nya. Semisal Anis Baswedan dengan Indonesia Mengajarnya, Bu Risma dengan Surabayanya, Dee dengan novelnya, sampai Andy F.Noya yang mampu menghadirkan nuansa baru dalam talkshow televisi dan gerakan sosial, serta masih ada beberapa nama tokoh lainnya.

Nah, di majalah tersebut juga diulas tentang orang-orang kreatif yang bisa saya sarikan seperti di bawah ini.

Orang kreatif:
1.       Memiliki kelancaran atau kefasihan dalam berpikir. Bersifat divergen thinking; dari satu stimulus yang masuk di otaknya, dia mampu memberikan banyak alternatif jawaban atau solusi.
2.       Berpikir fleksibel atau luwes. Fleksibilitas berpikir mencakup dua hal: spontan dan adaptif. Fleksibilitas spontan adalah kemampuan menghasilkan variasi ide besar;menjelajah beragam pemikiran baru tanpa memikirkan bagaimana mewujudkan gagasan tersebut. Fleksibilitas adaptif lebih menekankan pada keluwesan berpikir yang mengacu pada pemecahan masalah;akan tetapi berbeda dari orang biasa,orang kreatif cenderung memberikan solusi baru yang tidak konvensional.
3.       Mengutamakan orisinilitas. Orang kreatif cenderung menekankan pentingnya berpikir secara berbeda dari pemikiran yang sudah ada, tetapi dengan kualitas pemikiran yang lebih bagus.
4.       Memiliki kemampuan elaborasi. Orang2 kreatif memiliki kemampuan untuk mengembangkan , memperkaya atau memperinci detail-detail gagasan sehingga menjadi lebih menarik.

Disamping kemampuan berpikir seperti di atas, orang-orang kreatif juga memiliki sikap hidup kreatif yang ditandai dengan : bebas dalam berpikir, memiliki daya imajinasi yang kuat, punya rasa ingin tahu yang tinggi, selalu mencari pengalaman baru, mempunyai inisiatif, bebas mengemukakan pendapat, memiliki minat yang luas, percaya pada kemampuan diri sendiri, tidak mau menerima begitu saja pendapat orang lain, merasa tertantang oleh kemajuan, berani mengambil resiko, mandiri, mau menghargai pendapat orang lain, serta tidak pernah merasa bosan.


So, show must go on. Mari berkreatif ria!

Comments