Kuliner Surabaya: Jajan!


zzzz... Daripada saya bingung, sendirian, kesepian, dan nggak jelas mending bikin tulisan sesuatu. Dan kali ini mau share tentang kuliner Surabaya yang bolehlah kalau dicoba. :)

1. Tahu Tek Pak Jayen
Saya baru kenal yang namanya tahu tek ya di Surabaya ini. Kalau di Madiun mirip kali ya sama Tepo Tahu gtu. Tapi tahu tek nggak pake sayur semacam kol, seledri, dll. Isinya lontong, tauge, tahu,kentang dan telur ditambah bumbu kacang+petis. Nah, apa yang heboh seru dari tahu tek pak jayen? saya sulu menganggap semua tahu tek juga sama, tapi ternyata beda2 sodara. Kalau di tahu tek pak jayen itu bisa cepet bingit penyajiannya, bumbunya nggak pelit, isinya juga lumayan banyak. Rasanya paling mantep diantara tahu tek yang pernah saya coba di Surabaya. Dapet referensinya sih dari temen yang doyan sama tahu tek,Ria dan uvy. hehe. Tahu tek pak jayen terletak di dharmahusada. Ada dua warung sekarang. Harga 10rb terakhir beli. 
Penampakan tahu tek pak jayen (ngambil dari gambar orang lain)


2. Mie Susu Kedai Sabindo


Pertama ditawari mbak-mbak yang bawa menu, dibilangnya menu recommended gitu. Tapi dari namanya saya merasa aneh. Mie goreng trus dikasih susu? Tapi karena saya juga lagi mau nyoba2 menu baru, jadilah saya beli juga mie susunya. Dan ternyata rasanya tidak mengecewakan. Hoho. Rasanya beda dari mie goreng biasa, lebih gurih dan sesuatu banget. Karena dikasih susu itu tadi kali ya? kalo komposisi yang lain sebenernya nggak terlalu spesial juga. Standar mie goreng, ada telur, ayam, sayuran. Kedai Sabindo ada di kawasan gayung sari Surabaya. Harga 13rb keknya...rada lupa.

Ini nih penampakan mie susu kedai sabindo
3. Dim Sum Fussion

Sekarang lagi booming kali ya yang namanya dim sum. Dan warung ini menjadi eksperimen pertama saya dalam menjajal dim sum. Ada di kawasan mulyorejo kayaknya, haha lupa daerah mana. Pokoknya dari kampus C Unair lurus aja, nah warungnya sebelah kiri kalo kita dari arah Keputih. Pernah nyoba di tempat lain, tapi ternyata menurut saya yang lumayan dan tempatnya enak baru di Fussion ini. Karena saya kurang berminat dim sum yang kukus, jadi saya nyobanya yang dim sum goreng. Yang recommended menurut sy yang isi kentang keju sama tengiri ayam kalo nggak salah. Harga satu piringnya 8rban terakhir beli. 

Yang kentang keju bentuk segitiga, yang tengiri ayam pojok kiri
4. Rest/Red Pizza (Saya lupa namanya)
Kalo yang ini gara2 pengen eksperimen juga bareng mbak yustika. Di daerah nginden, pas perempatan sebelum casio nginden. Pizzanya lumayan enak dan murah, hehe. Pas itu kita nyoba steak ayamnya juga enak. Tapi yang berkesan tetep pizzanya sih, waktu itu kita pesen dengan toping daging cincang. Harga 15rb small pizza. 
Ini penampakan small pizza toping daging cincang
5. Batagor di Aiola
Di Aiola sebenernya ada banyak pilihan jajan, konsepnya semacam pujasera. Yang terkenal lagi di sini mie pitik sebenarnya. Tapi entah kenapa saya lebih terkesan dengan batagornya. Hehe. Seporsi harga 9rb, bumbu kacangnya maknyus. Kalo isinya standarlah ada gorengan bakso, tahu, telur, kentang. Rasanya hampir sama kayak yang saya dulu pernah beli di Bandung sekitar 5 tahun lalu. Haha, udah lama. Tempatnya enak juga buat nongkrong. Di kawasan SMA komplek surabaya, deket magnet zone. 

Ini nih batagor di aiola. Maknyus... :D
6. Tahu Campur Kalasan
Terletak di jalan kalasan, kawasan pacar keling. Banyak menu tahu campur sebenernya di sini, tapi saya mampir di warung paling pojok, pertama kalo kita dari arah kampus A unair, depan kantor pos. Rasanya kayak tahu campur, haha. Karena menurut saya kurang ada yang beda. Tapi karena udah mampir yah dilanjutin makannya, masak mau ditinggalin. Di sana kayak pujasera juga sih tempatnya. Pilihan lapak yang lain dalam satu warung ada soto, nasi goreng jan*ok. Harga tahu campurnya 13rb pas dulu beli. 
Tahu campur kalasan
7. Tahu kremes Pak Dhe
Nah kalo pak dhe ini sebenernya nggak fokus di tahu sih warungnya. Ada macem2, kayak ayam bakar, ikan bakar, dll. Tapi yang paling berkesan #halah, bagi saya adalah tahu kremesnya. haha. Sayangnya saya nggak sempet memfoto tahu kremesnya. Harganya 5rb trakir beli. Cocoklah buat jajan sambil ngobrol. 

8. Es Teller Pucang
Wah ini satu-satunya menu es keknya diantara jajanan di atas. Ini es teller yang wenak, banyak, dan murah. Dibanding es teller yang ada di waralaba terkenal itu (yang biasa ada di mall), lebih mantep ini dijamin. Tempatnya emang agak nyempil. Di daerah pucang sebelum toko rabbani gede kalo kita dari arah kertajaya. Harganya 10rb terakhir beli. Sayang euy fotonya ada di kamera hp yang dulu dan saya lagi gak bawa. 

9. Goreng Girang
Ini judulnya sebenernya adalah pisang goreng bertoping. Termasuk jajanan favorit saya dan isti. Haha. Yang bikin dia beda itu topik yang nggak biasa, topingnya tu mirip sama toping donat gitu kali ya. Ada rasa oreo, tiramisu, coklat, green tea, keju. Harganya satu paket 10rb isi 6 untuk rasa oreo, coklat, tiramisu, cappucino. Harga 15rb isi 6 untuk rasa green tea dan keju. Tempatnya sekarang juga udah oke, kalo dulu cuma pake gerobak, sekarang udah jadi warung dan lumayan buat duduk2 sambil ngobrol atau ngerjain tugas. Tempatnya di dharmawangsa.

Maap nggak dapet angle yang bagus ni.

Yah, itu beberapa jajanan yang bisalah dicoba. Hehe, kapan2 lanjut lagi dengan edisi kuliner lainnya. :)



Comments

Wah bikin ngiler nih fotonya. apalagi tahu telur pak jayen nya tuh. hehe..
Immash said…
mi susu di kedai sabindo enak lho yaf.. :). aku selalu penasaran sama makanan yg ada di blognya jalan sambil jajan.. hehe.