Resensi The Jacatra Secret -Rizki Ridyasmara-


Masih keranjingan resensi, pagi ini sedikit membuka kembali novel The Jacatra Secret. Berawal dari ke-kepo-an saya dulu tentang fremasonry dan kawan-kawannya sampai pada akhirnya saya bosen ngepoin mereka. Pengen beli novel ini dari lama, ya pas saya masih ngepoin persaudaraan yang konon ada di balik semua hal yang terjadi di dunia. Misteri memang menarik #halah, karena dari SMP pun saya lebih memilih komik misteri atau detektif daripada serial cantik. Dan pas di salah satu toko buku, seperti biasa suka nggak bisa kalau nggak bawa buku untuk dibawa pulang. Saat itu saya memilih membeli dua novel, Madre yang berupa kumpulan cerita pendek karya Dee (kapan2 ya saya review. hehe) dan The Jacatra Secret karya Rizki Ridyasmara.

Novel ini berkisah tentang misteri simbol satanic di daerah Jakarta. Diawali dengan cerita meninggalnya Sudrajat, salah satu tokoh ekonom penting di Indonesia. Meninggalnya Sudrajat bertepatan dengan adanya pertemuan komunitas penggemar teori konspirasi. Di pertemuan tersebut hadir pula John Grant yang merupakan ahli simbol dari Amerika, sekaligus menjadi tokoh sentral di sepanjang cerita. Berlanjut hingga ke penyelidikan kematian sudrajat, pengejaran yang menegangkan, dll.

Sedikit banyak novel ini mengingatkan saya dengan The Da Vinci Code atau Angel and Demon tulisan Dan Brown. Karena berlatar agak sama, dengan setting tempat yang berbeda. Ada tokoh ahli simbol, dan cerita masih berhubungan dengan persaudaraan rahasia. Tapi karena The Jacatra Secret memiliki setting tempat di Jakarta jadi lebih bisa dibayangkan dan dicerna kali ya.

Buku ini bikin penasaran untuk ikut menelusuri simbol-simbol atau hal yang diduga berhubungan dengan persaudaraan rahasia. Sayang, waktu ke Jakarta akhir Desember tahun lalu museum Fatahillah masih direkonstruksi. Jadi nggak bisa mengamati lebih dekat. Hehe. Semoga kapan-kapan bisa main ke sana lagi. O iya, di halaman-halaman akhir buku juga terdapat foto-foto kawasan  yang diduga  terdapat simbol persaudaraan rahasisa.


Buat yang suka misteri dan suka dengan novel yang terus bikin penasaran pas ngebacanya, The Jacatra Secret bisa menjadi pilihan. Selamat membaca.

Comments