Resensi Muslimlah daripada Liberal -Dr.Adhian Husaini-


Setelah lama tidak “berinteraksi” alias membaca karya-karya beliau, saya akhirnya memutuskan untuk membaca kembali buku yang telah lama belum terselesaikan dan meresensi buku yang sudah saya selesaikan. Beliau adalah Adhian Husaini, penulis rutin Catatan Akhir Pekan pada website hidayatullah.com. Yang akan saya resensi kali ini adalah buku dengan judul Muslimlah daripada Liberal. 

Buku ini merupakan catatan perjalanan beliau selama di Inggris. Meskipun hanya sekitar 22 hari  di Inggris, beliau telah membuat satu buku catatan perjalanan yang menurut saya sangat bergizi. Buku ini lahir dari pengalaman selama menjadi pembicara di sana beserta pemikiran beliau yang sangat luas terhadap kondisi umat muslim saat ini. Dengan gaya bahasa formal dan sumber referensi yang cukup banyak, buku ini cocok untuk dijadikan bahan pemikiran bagi kita umat muslim baik yang sedang di luar negeri maupun di dalam negeri.

Terdiri dari sembilan bab utama, diantaranya : Keliling London dan Kondisi Muslim, Pengajian di Islamic Centre, Kibar Gathering, Liberalisasi Islam dan Misteri Robinhood, dan seterusnya. Masing-masing bab menyajikan cerita dan pemikiran yang asik untuk disimak. Kalau boleh saya bilang, perjalanan yang sarat dengan makna. Buku setebal 226 halaman ini diterbitkan oleh Sinergi Publishing yang merupakan kelompok Gema Insani. Di akhir bab juga disertai beberapa foto menarik selama perjalanan.

Di akhir bab beliau menyampaikan “Mudah-mudahan catatan perjalanan yang sedikit ini dapat memberikan gambaran bahwa di sebuah negara yang jelas-jelas liberal, masih banyak kaum Muslim yang berjuang mempertahankan identitas keislamannya. Mereka tetap hidup sebagai manusia modern, bekerja sebagai kaum profesional, jalan berpikir mereka sangat rasional. Tapi, mereka justru tidak terpukau dengan godaan-godaan paham liberalisme yang ingin mengubah-ubah ajaran Islam, hanya untuk mencocok-cocokkan Islam dengan nilai-nilai yang bertentangan dengan ajaran Islam itu sendiri.”


Memang mantep suranteplah salah satu penulis favorit saya ini, catatan perjalanan yang luar biasa serta kaya dengan nilai-nilai dan sumber yang jelas. Bagi yang mau beli, bisalah dicari ke toko buku, semoga masih ada, dulu saya membeli buku ini di Media Idaman Surabaya. 

Comments

dari ulasannya sih sepertinya buku ini menarik. jadi penasaran ingin membaca. :)
Immash said…
Yup menarik, baca resensi novel yang ditulis adhian husaini juga deh, pasti pengen baca juga. hoho :)