Resensi Virus Entrepreneurship Kyai -M.Ridlo Zarkasyi-


Saya rasa semua orang membutuhkan nasehat, atau sekedar saran dan masukan atau bisa jadi motivasi hidup. Karena sebagai manusia, kebutuhan sosial kita mengatakan bahwa tidak bisa hanya berbicara dengan diri sendiri atau benda-benda mati. Kita butuh orang lain untuk sekedar ngobrol, terlibat diskusi, sling menasehati, memberikan motivasi, dll.

Masih berbicara buku, pagi ini sambil nunggu laptop nyala kebiasaan saya membaca buku atau majalah yang ada di deket meja. Tertarik untuk membuka kembali buku karya Muhammad Ridlo Zarkasyi, salah satu putra Imam Zarkasyi yang merupakan perintis Pondok Modern Gontor Ponorogo. Pondok yang konon telah melahirkan banyak tokoh bangsa, dan salah satu penulis yang belakangan ini menuliskan pengalamannya selama di Pondok juga menjadi tokoh inspiratif bagi kalangan pemuda. Karena gambaran pondok yang dianggap penuh dengan aturan ini itu diubah menjadi ruang pembentukan karakter bagi sang tokoh.

Eitss.. tapi untuk kali ini saya tidak membahas novel yang ditulis Ahmad Fuadi ya, saya mau membahas buku yang berjudul Virus Entrepreneurship Kyai. Penulisnya, seperti yang sudah cantumkan di awal, Ridhlo Zarkasyi. Masih berhubungan dengan pengantar di awal, yaitu tentang nasehat. Karena buku ini berisi kumpulan nasehat atau wejangan Imam Zarkasyi yang disampaikan pada santri-santrinya. Wejangan tersebut kemudian dijabarkan kembali oleh putranya menjadi sebuah intepretasi terhadap nasehat ayahnya. Kenapa entrepreneurship? Karena pada buku ini wejangan kebanyakan tentang kewirausahaan. Bukan cara-cara berwirausahanya ya, tapi lebih ke karakter dan mental seorang entrepreneur.
Buku yang cukup menarik, dengan pembahasan mudah dimengerti. Berikut saya cuplik beberapa wejangan favorit saya yang disampaikan oleh Imam Zarkasyi:

“Kalau kamu mencari rezeki, jangan sampai niatmu salah. Niat mencari rezeki adalah mencari alat untuk berdakwah. Rezeki bukan untuk mengumpulkan kekayaan. Cari rezeki untuk sekedar hidup. Jika niat mencari rezeki untuk ibadah dan dakwah, maka pasti Allah akan memberi.”

“Orang sukses adalah mereka yang bisa menguasai diri, mengatur diri, dan mengatur waktu”

Dan masih banyak lagi sebenarnya. Siap untuk mendapat nasehat langsung dari pak kyai tapi sedang tidak tinggal di pondok pesantren atau belum pernah jadi santri? Buku ini bisa menjadi pilihan. Selamat membaca.


Comments

Unknown said…
Jadi yang dimaksud cari rejeki untuk berdakwah itu gimana mas ?
Immash said…
kalau sepemahaman saya tujuan dari kita bekerja, mencari uang itu bukan sekedar memenuhi kebutuhan dunia saja, tapi tujuan paling utamanya adalah akhirat.

bisa dari cara kita mengelola rezeki kita jadi lebih bermanfaat untuk orang lain, bisa dari pekerjaan yang kita lakukan, dll. Yang pada intinya kita tidak 'sibuk' dengan urusan kita sendiri, mulai berpikir untuk menebarkan kebermanfaatan bagi orang lain melalui rezeki yang didapat dari Allah.