Resep Brownis Kukus Isi Kismis


ini penampang kecil ya, motongnya emang nggak sesuai loyang, hehe.
Atasnya yg putih2 itu saya kasih gula halus, iseng aja .

Alhamdulillah... akhirnya dapet buku resep kue2 tanpa oven terimakasih kaka niken dan kaka piko. Udah gitu plus dapet loyang yang bisa dilepas sampingnya jugaaa... yeiiiiy saatnya bikin kue. 
Sekarang saatnya bagi resep brownis coklat yang dibikin pas libur kemarin, rasanya enak lho (berdasar orang-orang yang jdi tester lho dan saya sendiri juga sih hoho) tapi terlalu manis, jadi porsi gula di resep ini saya kurangi ya. Cekidot!

Bahan:

4 butir kuning telur
2 butir putih telur
150 gram gula pasir
75 gram tepung terigu
30 gram bubuk coklat
65 gram mentega
80 gram dark coklat
1 sdt emulsifier
1 sdt baking soda (optional)

Cara membuat:
1. Lelehkan mentega di atas panci kecil atau teflon, setelah leleh masukkan dark coklat, aduk sampai semua leleh dan tercampur. Sisihkan dulu
2. Kocok telur dan gula sampai mengembang dan lembut. Kalo saya sih biasanya sampai ringan dan fluffy pas diaduk. Pake mixer diajurkan supaya lebih cepet mengembang dan terasa fluffy.
3. Tepung terigu dan coklat dicampur terlebih dahulu dalam wadah terpisah, setelah tercampur baru dimasukkan ke adonan gula dan telur.
4. Masukkan adonan tepung dan coklat yang sudah dicampur sedikit demi sedikit ke adonan telur dan gula, aduk perlahan menggunakan sendok atau alat pengaduk. nggak perlu pakai mixer. Kalau saya adonan tepung coklat biasanya saya sesuaikan kekentalannya dengan adonan telur gula, biasanya nggak semuanya saya masukin supaya adonan pas kekentalannya. Jadi pake kira-kira aja ya, tp kalo mau dipake semua nggak apa-apa sih. Tetep jadi kok in syaa Allah. 
5. Kalau adonan sudah tercampur, giliran adonan mentega dan dark coklat dimasukkan sedikit2 sampai tercampur rata.
6. Untuk bahan isiannya tergantung selera ya sodara-sodara, kalo kemarin saya isi kismis aja sih, Jadi kalau sudah tercampur semua baru masukin deh tu kismis atau bisa dijadiin toping juga. 
7. Pindahkan ke loyang dan siap untuk dikukus.
7. Kukus dengan api kecil selama kurang lebih 30 menit. saran waktu ngukus, tutup pancinya dikasih lap bersih di sisi dalam supaya airnya nggak jatuh ke adonan brownis. Selamat mencoba. ^_^


Comments