Balada Permohonan Paspor Online (2)

Ternyata petugas frontline nya juga nggak sadar kalau batas waktu antara permohonan paspor ke verifikasi (pilih hari) adalah 5 hari #tetot. Akhirnya diminta mengumpulkan bukti pembayaran dari BNI dan diminta untuk kembali lagi ke imigrasi setelah dihubungi. Jadi intinya mah, ini nggak bisa langsung diproses gitu karena prosedurnya harus melalui IT pusat, begitu konon katanya. 

Temen sayapun balik ke kantor imigrasi bareng pas waktunya saya dan temen saya satu lagi jadwal pengumpulan berkas, foto dan wawancara. Dengan niatan awal mau nanyain lagi kabar si bukti pembayaran. Di tengah perjalanan, ternyata ada temen saya yang nyoba link verifikasi pilih hari dan berhasil, jadilah temen saya yang udah terlanjur ikutan ke Kanim mengubah niatnya, mau ambil bukti pembayaran bank BNI karena jadwal yang dipilih masih sekitar satu pekan lagi.

Sesampainya di Kanim yang kami tuju, kembali menunggu cek pemberkasan dan ternyata ada format yang salah. ini yang perlu diperhatikan: ukuran kertas. Baik data kita yang di print ataupun fotocopy akte kelahiran, KTP dll. Semuanya harus A4, kebetulan waktu itu saya fotocopy pake kertas ukuran F4, jadilah fotocopy ulang. Sama jangan lupa bawa materai 6000 buat form dari imigrasi. Nah, setelah dapet antrian, kita antri dulu sampai dipanggil di loket 2. sekitar 1-1,5 jam mungkin kami nunggu. Setelah itu giliran saya ke loket 2 untuk cek berkas lagi dan dapet antrian foto plus wawancara. Temen saya yang mau ngambil slip pembayaran tadi barengan sama saya sambil menjelaskan kronologi berhasilnya pemilihan tanggal. Setelah menyampaikan hal tersebut, temen saya diminta untuk ambil form offline karena konon katanya bisa diurus hari itu plus dikasih bukti pembayaran yang diminta.

Antara bingung dan seneng tuh temen saya. Bingung karena tetiba bisa diurus hari itu juga dan harus segera ngisi form offline. Seneng karena nggak harus dateng lagi ke kantor imigrasi buat foto dan wawancara sepekan lagi. Dengan semangat 45 sayapun ikut ngebantuin isi form offline sampai salah2 dan akhirnya malah memperlambat #eh. 


Comments