Lombok : Snorkeling

sampai jumpa di laut yang lain snoriii, sekarang istirahat dulu ya :P
Pastikan masker pas di wajah, biasakan bernafas lewat mulut dan sesuaikan outfitmu :D

Untuk saya, ini pengalaman snorkeling kedua setelah yang pertama gagal di perairan pulau tidung kepulauan seribu. Tentu kegagalan kemarin menjadi pelajaran supaya tidak terjadi di snorkeling kali ini. Hoho. Beberapa bulan sebelumnya sengaja saya beli masker plus snorkel untuk mulai membiasakan diri, meskipun makenya ya di kolam renang biasa. Wkwkwk. Selain pembiasaan diri yang harus diperhatikan adalah outfit saat snorkeling, karena saya muslimah jadi nggak bisa ngasal nyebur tanpa memperhatikan outfit. Kalo dulu saya salah pake kerudung, kali ini saya perbaiki dengan kerudung tanpa pet dan nempel di muka. Kenapa? Supaya masker yang kita pake saat snorkeling pas di muka nggak nyangkut di kerudung, jadi menghindari air masuk dari sela-sela sisi yang nggak pas.


Temen saya –sebut saja ina- juga ngasih tips snorkeling nih terkait alat terutama, jadi :

  • Pastikan masker pas di wajah, karena kalo nggak pas resikonya air masuk lewat sela-sela pipi biasanya. Nah kalo air masuk ke masker, bisa jadi kita menghirup air laut dari hidung atau mata kita bakalan perih karena air laut beda ama air kolam. Cara ngepasin maskenya  kalo bukan masker yang biasa kita pake adalah dengan ngepasin di muka, tanpa di pake talinya, trus tahan napas, gerakkan masker naik turun. Kalo maskernya pas di muka, biasanya nggak akan lepas saat kita gerakkan naik turun tanpa pake tali belakang.
  • Pake pasta gigi buat ngebersihin kaca masker supaya visibilitynya lebih baik, kalo nggak ada odol, kemarin sih kita pake sampo bayi punya fajar waktu di gili petelu. Ini termasuk penting sih menurut saya, soalnya waktu di gili air, saya nggak pake odol atau sampo bayi buat kaca masker dan akhirnya masker saya harus beberapa kali dibersihin supaya visibilitynya jelas.
  • Masker clearing, ilmu baru juga dari ina, saat sudah nyemplung dan masker kita rada buram bisa kita bersihin dengan cara mencelupkan masker ke air tanpa kita lepas tali belakang/ plastik yang ngiket masker. Cukup kendorkan sedikit masker, sambil celupkan ke air tentunya bareng ama kepala kita juga yang lagi ditempelin masker, terus angkat deh. Jangan lupa merem pas masker clearing, karena pengalaman masker clearing saya kemarin rada gagal karena saya melek pas di air dan langsung pedih di mata. Ya iyalah air laut dilawan…
  • Kalo udah pake snorkel, jangan napas lewat hidung. Karena biasanya emang tanpa sadar hal itu terjadi, dan akibatnya air akan masuk juga ke masker dan bisa menghambat snorkeling dong tentunya. Jadi biasakan bernapas lewat mulut kalo udah menggigit ujung snorkel.
  • Selain dari sela-sela masker, air biasanya masuk lewat ujung pipa snorkel. Jadi dikontrol aja jarak aman nyemplung biar pipa snorkel tetep di atas permukaan air.
  • Fin, ya saya bari nyoba pake fin di gili air, karena pas di gili petelu fin nya terbatas gitu. Sebenernya bisa-bisa aja nggak pake fin, karena kaki kita kan udah biasa bergerak ya pas berenang, tapi emang kelebihannya pake fin ya bisa lebih menyatu dengan kehidupan air #ceilee bahasanya. Gerakan dalam air bisa lebih cepet juga, cuman pake gerakannya naik turun aja, nggak usah gaya katak karena lebih berat dan lama sih kalo menurut saya. Jangan lupa coba ukuran yang pas ama kaki kita yaaa

Khusus buat muslimah yang mau snorkeling jangan lupa pastika outfit supaya tetap aman dan nyaman saat snorkeling. Pilih kaos yang nggak gampang terbang-terbang di air plus pake daleman lagi yang lebih kenceng supaya aurat tetap terjaga. Kerudung juga kalo mau sih dipakeiin peniti biar nggak terbang-terbang saat di air dan belibet. Soalnya saya mengalaminya dua kali kalo nggak salah. Karena pake kerudung yang lumayan lebarnya dan nggak pake peniti malah kelibet pas turun ke air. E iya, jangan lupa oleskan sunblock, sunscreen atau konco-konconya supaya menjaga kulit kita dari sengatan sinar matahari.

Alhamdulillah snorkeling kali ini bisa dikatakan lebih sukses daripada yang di tidung kemarin, pencapaian lain saya nggak pake pelampung selama snorkeling. :D

 

Comments

waaah jalan-jalan ke lombok. mana fotonya mbaaak ? :D
Immash said…
liputan foto-foto ada di blog berbeda dek yan.. :D

cek di travelysnap.blogspot.com yaaaa ^_^