Gadget?

Tadi pagi di kantor temen kantor pada nyoba-nyoba stiker LIN* syahrini yang ada suaranya, lucu sih kalo buat lucu-lucuan. Sedang saya yang nggak punya LIN* ya senyum-senyum aja liatnya. Gadget,social media, dan kroni-kroninya bak makanan pokok yang sudah tidak bisa lagi lepas dari kehidupan kita. Berbagai grup bahkan ada di HP saya yang semakin lama semakin lemot karena nggak kuat sama beban hidup eh beban memori yang ditimbulkannya. Social media juga layaknya teman baik yang nggak bisa kalo nggak ditengok barang sehari sekali atau bahkan tiap jam atau bisa jadi tiap menit. Manusia-manusia mulai jalan menunduk sibuk ngegeser-geser layar sambil pencet sini pencet sana, kadang bahkan sambil cekikikan sendiri.

Sehari nggak foto atau upload rasanya jempol udah mulai gatel. Nggak ganti PP atau status sehari rasanya nggak bisa mikir apa-apa lagi. Liat postingan temen nggak tahan pencet like atau komen-komen ceria. Ekor mata awas dengan perubahan yang terjadi pada notif HP, kalo ada notif tambahan tangan nggak tahan buat segera meraihnya dan ngecek ada notif dari socmed yang mana. Sampai kapan fenomena nunduk, geser-geser jempol dan update-updatean berhenti ya kira-kira?

Oh men rasanya hidup begitu dikendalikan sama yang namanya gadget -.-“. Beda banget sama masa-masa dulu yang rasanya telpon itu sangat menyenangkan atau bahkan SMS itu suatu yang spesial bahkan bisa ndengerin nada dering polyphonicpun rasanya udah kegirangan. Sampai kapan lalu saat hp saya rada heng dan sms-an sama temen rasanya lucu sekali karena udah jarang dipake buat komunikasi bareng temen deket. Tapi masih ada juga sih kadang2 temen saya pake sms meskipun dia juga punya WA, katanya sih lebih pribadi #ceilee. Ada juga temen saya yang lain konon katanya nggak punya satupun socmed. Da.. damai banget idupnya. 

Memang tidak bisa dipungkiri juga dengan kemajuan teknologi sangat membantu kita dalam berbagai hal, terutama mengenai informasi. Tapi tetep aja kalo kita jadi gadget freak rasanya dunia ini udah nggak kayak dunia lagi #eh. Karena nampaknya semua akan sibuk dengan benda di tangannya masing-masing tanpa ngeliat sekelilingnya atau orang yang bahkan ada di sampingnya atau segala hal yang terjadi tiap detiknya dengan begitu nyata karena tenggelam dengan gadget, gadget dan gadget lagi. 

Tempo-tempo letakkan gadget dalam sudut tas, tegakkan leher, pandang sekitar lekat-lekat, dan mengobrollah dengan orang yang ada di sekelilingmu. Semua sudah ada porsinya kan?

*Tiba-tiba pengen ganti hp zaman dulu dengan fitur yang sederhana tapi  awetnya nggak ketulungan tanpa notif yang macem-macem dan keypad yang empuk.

Comments

Bella Adilah said…
Setuju sekali deh. Bahkan grup di Line aja bisa perpuluh-puluh. Aku yang masih anak kuliahan, grup Line itu puluhan karena tiap mata kuliah pasti ada grupnya hahaha. Fitur sms yang make paling cuma dari operator aja ngingetin kalo paketan udah mau abis wkwk. Jadi sekarang kalo ada sms gitu rasanya takjub sekaligus membuka memori-memori lama jamannya smsan, seperti: munculnya istilah CTS (Cuma Teman SMS) buat relationship yg nggak jelas hahaha. Nice post! Salam kenal anw :)
Immash said…
hai salam kenal juga bella :)
iya grup dimana-mana meskipun saya bukan anak kuliahan lagi. hehe
semoga nggak mengurangi esensi dari komunikasi kita di dunia nyata juga sih. :)