Malang : Akhirnya Nyebur Juga

Kanan kiri sungai dipenuhi dengan pohon, rumah penduduk nampaknya agak jauh dari sungai meski kadang kami berpapasan dengan anak-anak kecil yang lagi main di pinggiran sungai atau nyemplung di sungai. Nggak tanggung-tanggung karena mereka pada bawa ban gaya-gaya tubing gitu tapi tanpa tali pegangan di kanan kirinya. Rada bahaya sih buat yang ngeliat, karena kan arusnya lumayan tuh batu-batu juga kadang betebaran, tapi karena mereka udah biasa main di sana jadi sama orang tuanyapun juga mungkin nggak dilarang. 

Jeram kedua nampaknya kita sudah mulai terbiasa dengan aba-aba, posisi dan sensasinya. Setidaknya nggak separah jeram pertama tadi. Dan perjalanan masih berlanjut dengan aba-aba dayung maju, terkadang memelan untuk saling menunggu rombongan lain, main ciprat-cipratan dengan target kelompok lain sampai akhirnya di tengah perjalanan kita berhenti buat makan snack. Minum teh anget dan pisang goreng adem lebih tepatnya. Hehe. Lumayanlah buat ngangetin badan yang udah basah kuyup sedari awal perjalanan. 

Lanjut jalan sebentar dan langsung disambut jeram selanjutnya. Tapi kali ini mas pemandu sepertinya ingin memberikan sensasi baru buat grup kami. “Lewat jeram tapi ngadep ke belakang ya!” katanya menawari kami. Saya sebenernya udah parno aja itu karena madep ke depan aja masih kerasa horror apalagi ngadep ke belakang, huwaaa. Tapi karena memang sepertinya itu hanya informasi bukan penawaran, jadilah kami tetep diadepin ke belakang pas mau ngelewatin jeram. Nah, ini yang saya bilang posisi kebalik saat jeram. Kalo biasanya aba-aba “boom” kita harus terlentang, kalo posisi kebalik kita merunduk. Daannn… akhirnya kita ngelewatin juga tuh jeram dengan posisi kebalik. Ternyata lebih nyaman kalo posisinya ngadep belakang menurut saya. Nggak sakit di leher.Hehe.

Lanjut lagi dengan dayung maju dengan beberapa kali ketemu batu gede dan kita sempet disangkutin di salah satu batu, merunduk kalo ada “carang” –batang bambu kecil yang tajem- , obrolan dengan mas pemandu tentang rafting. Nah, yang sedang kita pake ini paket family buat pemula, kalo paket adventure sungai yang dipake beda lagi dengan jalur yang lebih sulit dan jeram-jeram alami. Kalo yang family ini jeramnya emang kebanyakan di bawah jembatan sih meski cukup bikin ngeper juga buat pemula. 

Sampai tiba saatnya mas pemandu bilang, “di sini siapa yang nggak bisa renang?”. Wah perasaan mulai nggak enak nih, hoho. Dan beberapa saat kemudian mas pemandu bilang, “ayo praktek geser kanan kiri”. “Sekarang geser kiri coba” ujarnya, dan kita manut ajalah mbak ana dan niken bergeser kea rah saya dan piko. “Nah, gantian sekarang geser kanan” lanjutnya memberi aba-aba, kita mah manut lagi ama mas2 ini. Saya dan piko gentian geser ke mbak ana dan niken. “Kurang mepet kanan lagi!” perintah masnya. “Kanan lagi!” sampai kami bener-bener ngerasa miring dan “byuuurrrr, blup..blup” kita semua udah nyebur ke kali! Karena si mas pemandu ternyata ngasih “bonus” perahu kebalik biar kita ngerasaain air sungai. #weleh2



Comments