Kekasih Allah yang Tersembunyi

Hatiku bergetar membaca artikel salim a fillah tentang kekasih Allah yang tersembunyi di majalah bulanan Nurul Hayat. Berikut sedikit penggalan artikel tersebut:
“Allah menyembunyikan kekasihNya diantara manusia.” Ujar Umar ibn Al Khathtab, “sebagaimana Dia menyembunyikan Lailatul Qadr diantara malam-malam bulan ramadhan.”

Mereka Atqiya’ul Akhfiya’, orang-orang yang bertakwa lagi tersembunyi. Mereka terkenal di langit meski diabaikan di bumi. Mereka dirindukan surga meski dikucilkan dunia.
Sungguh kita tertuntut untuk tak meremehkan seorangpun di antara hamba Allah yang shalih, sebab boleh jadi mereka adalah para kekasihNya yang jauh lebih terkasih dibanding kita.
mengapa? karena rasanya beberapa waktu lalu sebelum membacanya ada orang yang berkata padaku dengan ke-simple-an nya mengenai salah satu misi hidupnya kelak, "menjadi keluarga yang dikenal oleh penduduk langit." Beberapa waktu lalu aku mendengarnya dengan biasa saja karena mungkin aku belum memahami apa yang dimaksud. Tapi begitu saja, Allah memampangkan sesuatu hal yang mungkin perlu aku maknai lebih, sesuatu yang harus aku pahami.

Karena sejatinya bisa jadi memang terdapat banyak kekasih Allah yang tersembunyi namun kita tidak menyadarinya? Hingga rasanya memang tidak pantas kita menilai diri orang lain yang mungkin baru sekali kita temui atau bahkan orang yang kita kenal dekat sekalipun. Karena mungkin Allah menyembunyikannya diantara ketidakpedulian kita terhadapnya, mungkin pula Allah sedang menata skenarioNya yang lebih indah terhadap setiap hambaNya. Entah pertemuan kita dengan kekasihNya yang tersembunyi atau menjadi salah satu kekasihNya yang tersembunyi? Wallahua'lam. Semoga menjadikan kita hamba-hambaNya yang terus memperbaiki diri tanpa sibuk 'menilai' orang lain dengan keterbatasan kita. ^_^

Comments