Rekomendasi Penginapan di Cihampelas

Alhamdulillah wa syukurilah.. agenda mbolang di Bandung telah usai. Setelah mbolang maka terbitlah tunggakan tulisan dan cucian tentunya #eh. Nah, tulisan pertama ini tentang salah satu penginapan yang saya rekomendasikan terutama untuk tipe backpacker (budget tidak terlalu besar) dan tipe personal atau maksimal tiga orang dalam satu kamar.

Seperti biasa, Airbnb menjadi salah satu aplikasi yang sekarang selalu diintip kalau mencari penginapan. Kenapa? Karena tipe apartemen adalah tipe penginapan yang kami butuhkan dalam perjalanan (ada dapur minimalis dan tempat jemur baju, ibuk2 banget ya hihi). Dan di Airbnb lumayan banyak pilihannya plus terhubung personal dengan host atau pemilik unit apartemen tersebut. Sebelum menentukan menginap di apartemen mbak ayu kita ada beberapa pilihan apartemen lain di daerah selain Cihampelas yang nggak kalah oke (kalau mau link lainnya sila japri, ada banyak pilihan di wishlist saya :D), namun setelah berdiskusi kami memutuskan untuk menginap di daerah Cihampelas selama tiga malam dan dipilihlah apartemen mbak ayu. Kenapa? Pertama karena sesuai daerah yang kita inginkan, harganya murah (200rb/malam), menurut review yang kami baca cukup bagus, ada dapurnya dan muat untuk kami bertiga.


Setelah melakukan komunikasi dengan Mba Ayu sebagai host, hari menginap pun tiba. Kami yang berangkat naik kereta dari Jakarta ternyata sedikit salah perhitungan, karena kereta agak terlambat beberapa menit dan jalanan yang agak macet menuju apartemen. Jadilah Pak Nengah (bapak yang ditugaskan oleh mba ayu untuk memberikan kunci) menunggu kami agak lama. Alhamdulillah bapaknya tetep ramah ya meskipun udah nunggu kami hampir satu jam dari jam janjian. O iya fyi, unit mba ayu ini terletak di Jarrdin Apartement. Untuk menuju unitnya, kita perlu turun tangga yang lumayan (kalau nggak bawa kendaraan dan nggak parkir di basement) jadi bisa sekalian olahraga kalau keluar atau masuk ke lingkungan apartemen. Untuk liftnya tidak perlu kartu akses, jadi kita bisa langsung naik.

Begitu masuk apartemennya saya langsung suka :D. Meskipun kecil (tipe studio), tapi rapi, bersih dan lengkap. Sayangnya saya nggak sempet foto2 unit apartemen ini, hanya sempet foto yang menurut saya penting. Nah, ini dia beberapa poin yang mau saya sampaikan tentang unit apartemen mba ayu:
1. Terletak di Jarrdin Apartement tower B, di bawah ada alfa ekspres, warung kelontong dan warung makanan. Untuk kamu yang mau masak-masak di apartemen dan nggak bawa bahan makanan bisa belanja di warung kelontong yang juga jualan makanan. Tapi saya lupa namanya apa, sederet sama alfa ekspres pokoknya. Karena di warung ini jualan bahan makanan dalam jumlah yang sedikit, udah diplastik2 kecil jadi nggak perlu beli banyak karena kita tinggal di sana juga temporary. Warung makannya juga ada beberapa pilihan makanan. Sayangnya saya baru nyoba di dua warung. Dan lagi-lagi lupa namanya. Cuman kalau pagi-pagi yang buka cuman 1 warung aja, jadi dia pasti rame. Menunya nasi uduk, nasi kuning, nasi goreng dan apa lagi saya lupa. Yang sempet coba nasi uduknya dan enak. Harga 10rb, tp ya gitu lauknya cuman orek tempe sama kerupuk hihi. Kalau mau lauk lain tambah lagi bayarnya :D.

2. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, apartemen mba ayu ini muat untuk maksimal tiga orang. 2 orang tidur di kasur atas dan 1 orang di kasur tambahan di bawah. Lebih jelasnya ukuran kasur bisa dilihat di halaman airbnb yang saya share di atas karena nggak sempet foto kasurnya. Kalau bagi kami, nggak masalah selama disana tidur dengan posisi seperti itu. Saya dan Nisa tidur di kasur atas sedangkan ayah Nisa tidur di kasur tambahan di bawah. Kalau kasur bawah digelar emang agak ribet sih ke kamar mandinya, karena harus ngelewatin orang yang tidur di kasur bawah.

3. Rapi, bersih dan lengkap. Mulai dari di sebelah pintu masuk ada rak sepatunya, menurut kami ini penting sih. Biar sepatu nggak asal naruh aja, jadi area depan tetep bersih. Dapurnya dengan kitchen set yang baik, kompor dua tungku, panci dan wajan yang masih bagus, piring gelas mangkok yang cukup, sendok garpu yang bersih, pisau, gunting, talenan juga ada. Water heater juga disediakan. Rice cooker juga silahkan dipakai. Hair dryer disediakan juga dilaci. Sajadah dilaci yang sama dengan hair dryer. Setrika plus alas buat setrika (alas setrika ini jarang ada sih jadi sip banget). Sapu, pel, ember siap digunakan.

4. Minusnya mungkin di jemuran. Karena nggak ada jemuran "resmi" kadi kami jemur di sela-sela pager pake hanger. Kadang agak "nglembreh" (apa ini bahasa Indonesia nya? :D) di lantai karena pager balkon kan nggak begitu tinggi ya. Sama akses wi fi yang nggak begitu kenceng.
5. Di atas sempet saya bilang ada tangga kalau kita nggak parkir kendaraan di basement ya. Nah, uniknya lagi Jarrdin Apartement ini letaknya nggak pas di pinggir jalan Cihampelas nya, jadi ada jalan masuk gitu. Dari Jarrdin ke Cihampelas kita harus jalan kaki dengan tanjakan yang lumayan. Tapi nggak jauh kok dan jatohnya jadi exercise ya biar lebih sehat. Habis naik tangga trus naik tanjakan buat jalan ke Cihampelas. Hehe

6. Ada kolam renangnya juga sih, tapi nggak sempet coba. Pas masuk ke kamar bilas buat cuci tangan di wastafelnya eh nggak keluar airnya plus rada bau kamar bilasnya.. jadi semakin nggak pengen berenang :3.

7. Kalau mau jalan ke Teras Cihampelas atau Cihampelas Walk cukup dekat jadi nggak perlu naik kendaraan lagi.






Sekian pengalaman menginap di apartemen mba ayu, semoga bermanfaat untuk referensi.

*Untuk foto2 lengkap unit apartemen bisa diliat di link Apartemen Mba Ayu .

Comments