Pengalaman Naik Pesawat bersama Bayi



Telat sekali sebenarnya saya bikin tulisan ini.. mungkin diluaran sana juga sudah banyak ya.hihi. Tak apa ya,  ingin berbagi pengalaman dan buat arsip kami. Nisa pertama kali naik pesawat terbang di usia dua bulan kurang sepekan. Karena nyusul ayahnya di Kalimantan. Mungkin beberapa orang worry ya belum genap dua bulan udah diajak naik pesawat, meskipun jarak dekat juga sih cuman sejam. Apalagi orang sepuh di rumah, yang dikhawatirkan adalah telinganya biasanya. Karena kan memang kita aja kadang suka ndengung pas pindah ketinggian. Sebelum memutuskan untuk mengajak nisa terbang pertama kali kamipun sempat gugling2 (bukan guling2 ya #eh) tentang terbang bersama bayi dan memang ada yang seusia nisa bahkan ada yang lebih kecil lagi. Kalau di beberapa maskapai disebutkan kalau kurang dari 7 hari harus menggunakan surat dokter. Dan karena nisa sebenarnya udah sebulan lebih nggak perlu dong ya surat dokter. Tapi demi menyakinkan diri, orang tua dan maskapai saya ke dokter spesialis anak dan berkonsultasi. Untuk DSa yang saya datangi biasanya merekomendasikan bayi dibawa terbang di usia 6 minggu. Berhasillah saya dapet surat izin terbang untuk nisa karena Alhamdulillah nisa juga dalam kondisi sehat.

Jadi mungkin untuk yang belum yakin buat bawa bayi terbang pertama kali bisa konsultasi ke dokter spesialis anak ya. Saya sempat tanya juga apakah perlu penutup telinga saat di pesawat? Dokter bilang tidak perlu, yang penting saat take off dan landing sebisa mungkin disusui karena terjadi perbedaan tekanan udara. Dan yang penting bayi dalam keadaan sehat.

Hari keberangkatan pun tiba. Alhamdulillah selama di kereta (pertama kali nisa naik kereta juga) menuju Solo nisa bobok terus. Sebelum boarding sebisa mungkin mampir ke nursery room buat cek popok kah, buat istirahatin bayi (kalau perjalanan ke bandara nya lumayan jauh), buat lap-lap dan ganti baju, dll. Sekarang fasilitas nursery room di bandara dan stasiun sepertinya sudah bagus semua ya. Minimal ada tempat buat menyusui, ganti popok dan wastafelnya. Mulai deg deg an deh pas udah check in. Apalagi saat itu pertama kali bakalan ngurus bayi sendirian bareng suami di perjalanan. Begitu masuk pesawat nisa nangis, entah karena merasa kurang nyaman atau ngantuk. O iya untuk pakaian bayi kenakan yang biasa dipakai aja, nggak perlu berlapis-lapis sepertinya, kalau pesawat domestik ya. Karena pengalaman selama naik pesawat domestik nggak begitu dingin juga sih. Apalagi bayi biasanya lebih gampang gerah. Pakai baju lengan panjang plus kaos kaki aja cukup. Mau tambah topi/kerudung silahkan. Nanti juga akan didatangi pramugari yang ngasih sabuk pengaman dan pelampung tambahan. Dan nisa jarang banget pake itu sabuk pengaman, pernah sih sekali dua kali, tapi posisinya jadi nggak fleksibel gitu kan jd agak susah. Pake gendongan juga boleh kok sebagai pengganti pemakaian sabuk pengaman.

Dan salah satu enaknya bawa bayi jalan-jalan adalah.. banyak tidurnya. Entah ini tipe nisa yang begini atau semua bayi ya. Saat masih bayi kalau ketemu tempat agak dingin dan posisi jalan (kek naik mobil, kereta, pesawat) dia akan cepat tidur saat disusui. Kalau sudah mulai merangkak atau bisa jalan udah beda lagi ceritanya. Hehe. Bawa mainan atau cemilan bagi bayi yang sudah mpasi. O iya di beberapa bandara untuk bayi di bawah 6 bulan harus diperiksa dulu di ruang kesehatan untuk memastikan bayinya tidak dalam keadaan sakit. Saya ngalamin ini pas di bandara Tjilik Riwut Palangkaraya. Dan satu lagi, kita akan dimintai mengisi kelengkapan dari pihak maskapai untuk bayi kurang dari 6 bulan. Biasanya saat sebelum boarding kita ditanyain sih sama petugasnya udah isi surat kelengkapan tersebut atau belum. Sama pas check in sih kita akan selalu ditanyai usia anak.

Untuk biaya naik pesawat bagi bayi (dibawah dua tahun) tentu nggak penuh ya. Tapi selama ini selalu bayar sih, pengalaman naik maskapai Lionon dan Citilink. Sekitar 20 persen dari harga tiket kalo nggak salah.
Sekian pengalaman naik pesawat bersama bayi, semoga bermanfaat.

Comments